6 Penyebab Kaki Bau Tak Sedap dan Cara Mengatasinya

Beberapa orang mengalami masalah dengan bau kaki mereka, kondisi satu ini menurut medis dinamakan “bromodosis”. Bromodosis merupakan kondisi medis yag sangat umum, hal ini dikarenakan penumpukan keringat dan menyebabkan pertumbuhan bakteri pada kulit.

Selain itu bakteri pada kulit inilah yang dapat menyebabkan bau kaki yang tidak sedap, hal ini juga dapat disebabkan infeksi jamur. Bau kaki tentu membuat seseorang tidak percaya diri dan tak nyaman, beberapa orang terkadang khawatir dengan masalah satu ini.

Meskipun bau kaki dapat terjadi pada siapa saja tetap saja hal ini sangat menganggu dan membuat banyak orang khawatir, tetapi kamu perlu tahu bahwa bau kaki dapat diatasi dengan beberapa hal. Berikut beberapa penyebab bau kaki yang bikin tak nyaman:

 

Apa Saja Penyebab Kaki Bau?

Salah satu penyebab utama bau kaki adalah adanya penumpukan keringat serta bakteri pada kaki dan infeksi yang membuat bau kaki, berikut beberapa hal yang dapat membuat kaki menjadi bau:

  1. Cuaca panas dan mengakibatkan keringat.
  2. Kelebihan berat badan.
  3. Adanya perubahan hormonal, seperti menstruasi, menopause, dan kehamilan.
  4. Beberapa obat yang dikonsumsi.
  5. Hiperhidrosis.
  6. Beridiri sepanjang hari menggunakan sepatu tanpa kaus kaki.

Cara Mengatasi Bau Kaki

  • Menggunakan Kaus Kaki : Menggunakan kaus kaki ternyata dapat mengatasi bau kaki serta mengurangi adanya keringat, pilihlah kaus kaki dari bahan yang menyerap keringat.
  • Eksfoliasi Kaki : Menggunakan scrub atau mencoba untuk eksfoliasi kaki ternyata dapat mengangkat sel kulit mati serta bakteri pada kaki.
  • Rendam Garam : Perendaman garam ternyata berpotensi sebagai salah satu bagian untuk pengelupasan kulit kaki, selain itu hal ini juga dapat menghilangkan bau.

Bau kaki tentu membuat banyak orang tak nyaman serta percaya diri, hal ini juga kerap terjadi oleh siapapun. Saat kamu memiliki aroma bau kaki yang tak sedap ada baiknya untuk mengatasinya dengan beberapa cara diatas. 

Baca Sumber