Sukses

Beauty

Cara Mengatasi Kulit Menghitam Akibat Kelamaan Berjemur

Fimela.com, Jakarta Berjemur di bawah sinar matahari memang bisa membuat badan jauh lebih segar. Tetapi, ketika kamu terlalu lama berjemur, kulit kamu akan memerah dan lama kelamaan akan menjadi belang dan menghitam. Kulit menghitam pun di bagian tertentu seperti wajah, lengan, dan kaki. Kalau sudah menghitam begitu, biasanya kamu akan kelimpungan tuh bagaimana membuat warna kulit kembali seperti semula.

Biasanya ketika kamu berencana untuk berjemur, jangan lupakan sunblock atau sunscreen untuk melindungi kulit kamu agar tidak terbakar sinar matahari. Namun, kalau sudah terlanjur lupa, ya siap-siap saja warna kulitmu akan berubah. Apalagi ketika berjemur di pantai, kadang suka lupa waktu kalau kamu berjemur sudah terlalu lama.

Tidak perlu khawatir nih, kulit menghitam akibat terlalu lama berjemur tidak akan berjalan lama kok, biasanya seminggu sampai dua minggu, kulit kamu bisa balik normal lagi. Tetapi, juga diimbangi dengan perawatan kulit yang teratur, tidak perlu repot-repot ke dokter kulit, kamu hanya perlu manfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kamu.

Kira-kira bahan alami apa saja ya yang bisa bantu mengatasi kulit menghitam karena berjemur terlalu lama? Berikut diantaranya seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

Yogurt dan susu. Solusi pertama yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit menghitam adalah menggunakan perawatan dengan yogurt dan juga susu. Susu dan yogurt ini mengandung asam laktat yang dapat dijadikan sebagai bahan pemutih alami untuk kulit. Jika kamu rajin menggunakan perawatan dari kedua bahan ini maka kamu akan mendapatkan kulit yang halus dan juga tampak lebih putih.

Yogurt. (foto: boldsky.com)

Cara yang digunakan untuk melakukan perawatan kedua bahan ini adalah dengan mencampurkan dua sendok yogurt dan juga tiga sendok susu. Aduk rata kedua campuran bahan tersebut, kemudian oleskan pada kulit yang gelap dan diamkanlah selama 1 jam. Setelah itu bilas dengan menggunakan air panas. Ulangi proses seperti ini secara rutin hingga mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Dari Madu Hingga Kentang

Madu dan minyak kelapa. Madu adalah bahan pangan yang mengandung asam glukonat, sedangkan minyak kelapa adalah bahan yang banyak mengandung asam hidroksida. Kedua asam tersebut (asam glukonat dan asam hidroksida) apabila digabungkan menjadi satu maka akan menjadi satu ramuan yang dapat digunakan sebagai scrub untuk kulit.

Scrub yang terbuat dari campuran madu dan juga minyak kelapa tersebut akan akan dapat membantu pengelupasan kulit yang gelap dan juga tidak merata. Selain itu ramuan madu dan minyak kelapa tersebut juga akan meremajakan kulit sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan juga tampak lebih putih.

Madu memang dikenal efektif untuk mengatasi segala macam masalah yang ada pada kulit, dan inilah berbagai cara memanfaatkan madu untuk kulit

Cara perawatan menggunakan ramuan madu dan juga minyak kelapa adalah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut (madu dan minyak kelapa) dengan perbandingan jumlah yang sama. Setelah tercampur, oleskanlah pada bagian kulit yang gelap dan diamkanlah hingga kira- kira 30 menit. Setelah itu, basuhlah dengan menggunakan air hangat. Lakukan cara ini sebanyak minimal dua kali dalam seminggu, dan langsung lihat perubahannya pada waktu setelah empat minggu.

Kentang. Kentang ternyata mampunyai kemampuan untuk mengatasi kulit hitam, terlebih karena ditimbulkan oleh sinar matahari.

Kentang. (via: istimewa)

Cara yang dapat dilakukan adalah mengupas ketang dan kemudian mencucinya. Kemudian irislah kentang tersebut dan gosok- gosoklah pada area kulit yang gelap. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading