Sukses

Beauty

Ingin Hilangkan Flek Hitam di Wajah, Begini Caranya

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu sudah yakin memiliki wajah yang bagus dan terawat, namun kenyataannya masih ada flek hitam yang muncul di permukaan wajah membuat kamu kurang pede dan tidak nyaman, pasti rasanya menyebalkan ya. Wajah mulus yang selama ini kamu rawat ternyata masih timbul masalah-masalah yang tidak diduga.

Adanya flek hitam pada wajah biasanya disebabkan oleh wajah yang sering terpapar sinar matahari. Bisa jadi flek hitam tersebut akibat bekas jerawat membandel yang sebelumnya bersentuhan langsung dengan tangan kamu. Huh, kalau sudah begitu, jadi nyesel sendiri kan pernah otak-atik jerawat dengan tangan lalu berakibat fatal seperti ini.

Untuk hilangkan flek hitam di wajah, kamu tidak perlu sampai mengikuti treatment berat seperti melakukan laser wajah atau serangkaian treatment lain yang dirasa terlalu berat untuk kamu jalani dan juga bisa mengurang isi kantong kamu lho. Kalau kamu bisa menghilangkan flek hitam di wajah dengan cara sederhana dan praktis, mengapa kamu harus mengikuti treatment yang ribet?

Buat kamu yang sedang mengalami masalah ini, ada baiknya kamu memilih alternatif menggunakan bahan-bahan alami untuk hilangkan flek hitam di wajah. Bahan alami apa saja kah yang bisa membantu hilangkan flek hitam di wajah? Berikut diantaranya.

Madu

Madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Madu mengandung anti biotik alami yang dapat menyingkirkan bakteri penyebab flek hitam. Madu juga membantu menjaga kulit kamu tetap sehat dan segar. 

Madu memang dikenal efektif untuk mengatasi segala macam masalah yang ada pada kulit, dan inilah berbagai cara memanfaatkan madu untuk kulit. (via: istimewa)

Cara mengaplikasikannya, oleskan madu di area wajah yang terdapat flek hitam, biarkan madu mengering selama 1 jam (kamu juga bisa menerapkan pada malam hari sebelum tidur), lalu bilas menggunakan air bersih dan lakukan cara ini secara teratur setiap hari hingga wajah kamu bersih dari flek.

Lemon

Lemon mengandung asam sitrat di dalamnya dan asam ini memiliki manfaat kecantikan yang besar. Asam sitrat tidak hanya membantu meluruhkan sel-sel kulit mati, tetapi juga menyebabkan pertumbuhan sel-sel baru dan mencerahkan kulit. Lemon bermanfaat untuk mengatasi masalah flek hitam di wajah, bintik-bintik penuaan, bekas jerawat dan keriput. Efek samping yang mungkin terjadi adalah sedikit rasa perih, kesemutan, dan kemerahan sementara pada kulit.

Jeruk lemon. (via: Boldsky)

Caranya menggunakan lemon, siapkan lemon dan kapas, peras secukupnya lemon ke wadah, lalu tuangkan perasan air lemon ke kapas. Sekarang usapkan kapas yang telah dicampur lemon ke wajah dan biarkan hingga mengering. Tunggu beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Jangan berada di bawah sinar matahari terlebih dahulu setelah melakukan proses ini, karena membuat kulit lebih sensitif.

Pepaya

Selain enak dijadikan buah pelengkap rujak, dan enak dikonsumsi selagi dingin, pepaya juga sangat bermanfaat membantu menghilangkan flek hitam di wajah, karena pepaya mengandung papain, enzim yang mengeksfoliasi kulit, mendorong produksi sel-sel baru, sehingga kulit tampak lebih segar.

Ilustrasi buah pepaya | Via: istimewa

Caranya, lembutkan pepaya sampai halus, lalu gosokkan pada daerah yang terkena flek hitam pada kulit wajah. Kamu juga bisa mencampur dengan perasan air jeruk nipis. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Kulit pepaya juga bisa bermanfaat untuk scrub yang sangat baik untuk lutut dan siku.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading