Sukses

Beauty

Kenapa Masih Jerawatan Meskipun Sudah Sering Bersihin Wajah?

Fimela.com, Jakarta Jerawat, permasalahan yang satu ini sepertinya dihadapi oleh setiap cewek yang ada di dunia ini, entah berapa pun umur mereka. Mau masih muda atau pun sudah tua, jerawat bisa menghinggapi siapa saja. Dilansir dari Self, ternyata banyak orang dewasa yang masih harus berhadapan dengan masalah jerawat.

"Jerawat di masa dewasa adalah hal yang umum, Bahkan, jerawat bia muncul ketika kitamasuk ke usia 50-an, menjelang menopause,” kata dokter kulit Neal Schultz, M.D., pencipta Beauty Rx Skincare. Yang lebih menyebalkan lagi adalah ketika kamu merasa sudah rajin membersihkan wajah, tapi jerawat juga nggak hilang-hilang.

Yang pertama kamu harus ketahui terlebih dahulu adalah penyebab jerawat tersebut. Jerawat itu ada karena faktor sumbatan kelenjar sebum atau kelenjar minyak yang kemudian meradang dan terinfeski oleh kuman Propionibacterium acnes. Sumbatan tersebut ada karena wajah kotor, entah itu karena debu atau pun makeup yang tidak dibersihkan.

Kamu yang merasa sudah nggak merasa remaja lagi, tapi masih juga jerawatan, maka ketahuilah bahwa ada beberapa penyebabnya. Dan di bawah ini adalah beberapa penyebabnya seperti dilansir dari Allure.com.

1. Jerawatan karena Stres

Stres juga bisa menimbulkan jerawat lantaran stress dapat memicu peningkatan kortisol. Hormon tersebut diketahui mampu meningkatkan produksi minyak dan peradangan.

2. Jerawat karena Perubahan Hormon saat Menstruasi

Saat menstruasi hormon wanita berubah, yakni hormone estrogen menurun, sementara hormon testosteron meningkat. Peningkatan hormon testosterone dapat mengakibatkan kadar minyak di kulit.

3. Lokasi Jerawat

Saat masih remaja biasanya jerawat akan timbul di wajah atau beberapa bagian tubuh lainnya, yani di dada dan punggung. Tapi saat dewasa biasanya jerawat akan timbul di bagian garis rahang dan leher.

4. Bukan Cuma Kotoran, Jerawat Juga Bisa Timbul karena Makanan

Kamu yang sering makan pasta, roti, beras putih serta makanan instan harus hati-hati karena makanan tersebut dapat meningkatkan jumlah testosterone yang menghasilkan jerawat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading