Bulu Mata Rontok karena Ekstensi? Ini Cara Tepat untuk Menumbuhkannya

Lanny Kusumastuti23 Mar 2018, 23:50 WIB
Makeup Jadi Praktis dengan Bulu Mata Pals Magnetik

Bintang.com, Jakarta Ekstensi bulu mata sekarang ini dipilih banyak wanita sebagai solusi untuk mendapatan penampilan cantik dan segar tanpa ribet. Ya, memiliki bulu mata ekstensi pasti membantu kamu menghemat waktu berdandan kan? Tapi bagaimana dengan dampaknya yang bisa bikin bulu mata rontok?

Buat kamu yang melakukan ekstensi bulu mata pasti pernah mengalami yang namanya bulu mata terasa kering, rapuh dan membuatnya jadi jarang-jarang. Saat mengalami hal seperti ini, kebanyakan wanita memilih kembali melakukan ekstensi bulu mata untuk menutupinya, padahal saat itu kamu sangat perlu beristirahat dari hal tersebut.

Tanpa Ekstensi, Bulu Mata Bisa Lentik dengan Cara Mudah
Ilustrasi bulu mata lentik. (Boldsky.com)

"Menggunakan ekstens atau bulu mata palsu bisa membuat bulu mata kamu menjadi tipis, rapuh, dan rusah, sehingga penting untuk beristirahat sejenak," ujar dokter kulit Jeannette Graf , MD, FAAD dikutip dari laman Prevention.

Ia pun menjelaskan jika terus melakukan ekstensi bisa merusak folikel bulu mata dan membuat mereka menipis, lambat tumbuh, atau bahanya adalah berhenti tumbuh secara permanen. Ya, mengembalikan kembali bulu mata memang butuh waktu dan kesabaran

Pertumbuhan bulu mata sendiri ada tiga fase, pertama asalah Anagen yaitu masa bulu mata tumbuh dan membutuhkan waktu enam sampai delapan minggu. Selanjutnya adalah fase Catagen dan Telogen di mana folikel utama beristirahat dan tak ada pertumbuhan baru yang berlangsung selama beberapa bulan.

Jangan sedih, meski begitu ada cara yang bisa membantu mempercepat pertumbuhan bulu mata kok. Mau tahu?

Mempercepat Pertumbuhan Bulu Mata

Nah buat kamu yang mengalami kerontokan bulu mata harus tahu cara alami untuk menumbuhkannya, yaitu dengan mengompres mata menggunakan kantong teh hitam, lavender, ata chamomile. Caranya, pertama kamu rendam kantung teh tersebut dalam air panas, lalu peras dan masukkan ke dalam kulkas, lalu kompres mata dengan kantung teh tersebut untuk menghilangkan bengkak dan kering selama 10 menit.

Kemudian untuk melembabkannya kamu bisa memijak kelopak mata menggunakan minyak zaitun sebelum tidur, dan bersihkan di pagi hari setelah bangun tidur. Ini adalah cara yang sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan bulu mata yang sehat dan kuat.

Nggak Monoton, Berani Tampil dengan Bulu Mata Warna-warni?bin
Ilustrasi Bulu Mata (Instagram/fruzans_beauty).

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengoleskan minyak almond, kastor/jarak, atau kelapa ke dasar bulu mata menggunakan bola kapas untuk mendorong pertumbuhan bulu mata. jangan lupa kuha untuk rutin membersihkannya dengan sikat bersih dua kali sehai agar pori-porimu tak tersumbat.

Menyikat bulu mata juga akan membantu merangsang aliran darah untuk mengirim nutrisi yang optimal ke folikel bulu mata.

Jangan Lupa Penuhi Kebutuhan Gizi

Cara Memanjangkan Bulu Mata Alami
Ilsutrasi Bulu Mata (Sumber Foto: Liputan6)

Nah agar bulu mata kamu tetap sehat dan kuat, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan gizi dengan mengonsumsi suplemen, vitamin. Selain itu juga hindari mengonsumsi kafein dan terapkan gaya hidup sehat ya.

Gimana? Mudah ya? Yuk kembalikan bulu mata cantikmu dengan cara alami. Selamat mencoba!

Lanjutkan Membaca ↓