Sukses

Beauty

Bau Badan Mengganggu Aktivitasmu? Hilangkan dengan 6 Bahan Alamiah Ini

Fimela.com, Jakarta Ada kalanya saat kamu menjalani aktivitas yang padat, bau badan yang dihasilkan oleh keringat berlebih bisa mengganggu pekerjaanmu. Kamu pun jadi kehilangan fokus untuk beraktivitas. 

Bau yang menyengat berasal dari kelenjar keringat yang terlalu aktif. Menjadi semakin tidak sedap ketika bercampur dengan bakteri yang terjadi akibat beberapa hal.

Seperti kebanyakan mengonsumsi minuman berkafein, konsumsi obat-obatan tertentu, makanan pedas dan dehidrasi. Bahkan memakai pakaian ketat, stres dan tegang juga ikut memicu bau badan.

Perubahan hormon pada remaja yang mengalami pubertas juga dapat menyebabkan bau keringat tak sedap. Pada kondisi yang parah, pemakaian deodoran saja tidak akan mampu menghalau bau mengganggu tersebut.

Kunci menghilangkan bau badan yang paling penting adalah menjaga kebersihan tubuh, yang dibantu dengan pemakaian beberapa obat-obatan. Tak perlu mahal, karena kalian bisa mencobanya sendiri di rumah seperti dilansir dari Boldsky berikut ini.

Baking soda

Dapat mengurangi bau badan karena dapat menyerap kelembaban kulit. Cara kerjanya dapat membunuh bakteri dan dapat bekerja seperti deodoran alami.

Campurkan masing-masing satu sendok makan, baking soda dan perasan lemon. Terapkan di bagian ketiak yang berkeringat dan diamkan selama beberapa menit selama beberapa minggu.

Cuka apel

Sifat anti bakteri di dalamnya melawan pertumbuhan bakteri, serta membantu menghilangkan bau badan dengan menyeimbangkan tingkat pH kulit.

Rendam bola kapas dalam cuka apel dan gosokan pada ketiakmu, Tunggu selama 2-3 menit dan lanjutkan dengan membersihkan badan. Untuk hasil maksimal lakukan 2 kali sehari, sebelum tidur dan pagi hari menjelang mandi.

Air mawar

Kandungan di dalamnya bersifat menenangkan untuk menghilangkan bau ketiak. Oleskan beberapa tetes air mawar di bawah lengan untuk menghilangkan bau keringat. Alternatif lain dapat meneteskan air mawar ke dalam bak mandi untuk kesegaran tahan lama.

Tomat

Keasaman tomat dapat membunuh bakteri penyebab bau, sekaligus mengecilkan pori-pori. Secara otomatis ini akan mengurangi bau badan.

Ekstrak bubur tomat dapat langsung dibalurkan di bagian ketiak. Biarkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air dingin.

Lemon

Ini adalah obat paling umum dan paling kuno digunakan untuk mengurangi bau badan. Potong lemon menjadi dua bagian, lalu gunakan untuk menggosok bagian ketiak sampai airnya meresap ke dalam ketiak. Biarkan sampai kering lalu, bilas hingga bersih.

Selada

Tidak banyak yang tahu, kalau ternyata sayuran hijau ini ampuh dalam menghilangkan bau badan mengganggu. Ya, selada temasuk obat herbal yang efektif dalam mencegah timbulnya bau badan. 

Lumatkan beberapa lembar daun selada dan ekstrak menjadi jus. Gosokan langsung pada ketiak setelah mandi, biarkan ekring dna bilas hingga bersih.

Reporter: Ratih Wulan

Sumber: Dream.co.id

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading