Sukses

Beauty

Wrinkle Buster by Clinique: Part 2

Pada sesi Wrinkle Buster Part 1 kemarin kita mengetahui mengapa mata menjadi daerah pertama terlihatnya keriput pada wajah dan juga cara mengatasi dark circle dibawah mata.

Pertanyaan kali ini datang dari pembaca kami Andarina, yang berkerja sebagai marketing executive di salah satu perusahaan swasta. Pekerjaannya sebagai marketing menuntutnya untuk selalu bertemu banyak orang hingga menggunakan makeup setiap hari adalah suatu keharusan. Dan inilah pertanyaan Andarina yang akan langsung dijawab oleh Shirley Nathalia Gan pakar kecantikan dari Clinique

Dear FIMELA, dan Shirley,

1. Saya memakai makeup setiap hari, apakah ini akan mempercepat my skin aging process?  

Sebenarnya, pemakaian makeup asalkan proses membersihkannya benar, disertai pilihan produk yang tepat dan pemakaian sunblock yang rutin, tidak akan mempercepat proses penuaan. Apabila Anda memakai makeup dan sunblock, kulit perlu dibersihkan dengan cleanser dulu baru sabun. Cleanser fungsinya untuk mengangkat makeup dan sunblock, sedangkan sabun untuk membersihkan debu, minyak dan kotoran. Apabila kulit hanya dibersihkan dengan salah satu saja, maka akan terjadi penumpukan kotoran yang menutupi pori-pori, sehingga kulit terlihat kusam. Akibatnya, proses regenerasi sel kulit menjadi tidak optimal sehingga proses penuaan bisa terjadi.

Pemilihan produk yang tepat sesuai jenis kulit sangat penting, di Clinique kami memiliki foundation untuk kulit kering, berminyak, kulit dengan masalah noda gelap, jerawat dan sebagainya, sehingga bukan hanya merupakan produk makeup tapi juga sekaligus perawatan.

Sedangkan pentingnya sunblock adalah untuk mencegah kerusakan dan penuaan pada kulit, dimana sinar matahari merupakan faktor utama. Banyak produk makeup sudah menggunakan sunblock didalamnya, tapi sebaiknya tetap gunakan sunblock yang berbentuk cream juga untuk perlindungan optimal.

2. Apakah facial exercise dapat mencegah datangnya keriput di wajah?

Di Clinique, kami belum pernah merekomendasikan facial exercises untuk mencegah kerutan. Yang kami rekomendasikan adalah pemakaian produk perawatan de-aging dan sunblock secara teratur.

3. Apakah faktor keturunan menjadi salah satu penyebab keriput pada wajah?

Ya, memang faktor genetika sangat memegang peranan penting dalam proses aging. Tetapi perawatan kulit dan gaya hidup tidak sehat juga sangat menentukan terjadinya kerutan, seperti misalnya berjemur di matahari tanpa sunblock, merokok, stres, polusi, dan radikal bebas lainnya.

4. Apakah benar jika kita memiliki kulit berminyak timbulnya keriput tidak secepat mereka dengan kulit kering?

Belum tentu. Karena proses penuaan dikarenakan terjadinya kerusakan pada collagen dan elastin akibat paparan sinar matahari tanpa memakai sunblock. Apabila seseorang dengan kulit berminyak tidak menggunakan sunblock secara teratur, maka proses penuaan akan tetep dapat terjadi. Kulit kering karena memiliki kadar minyak yang lebih sedikit, rentan terlihat garis-garis halus akibat kering atau dehidrasi. Tetapi garis-garis halus tersebut bisa saja bukan karena aging tapi karena kulit kering, sehingga kadangkala memberikan kesan bahwa kulit kering lebih cepat berkerut.

Best Regards,

Shirley

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading