Sukses

Beauty

Saatnya Detox Kosmetik & Alat Make Up-mu!

Jakarta Kini kita sudah memasuki pertengahan tahun, itu tandanya tren baru sebentar lagi tiba jadi ini saatnya untuk mencoba gaya baru termasuk dalam urusan tren makeup dan gaya rambut. Mungkin sama seperti kebanyakkan perempuan, somehow kita memiliki beberapa pouch bahkan satu penuh laci berisikan produk kosmetik yang sudah "bertengger" entah sudah berapa lama, namun kita enggan untuk membuangnya. Berikut beberapa panduan agar kita "tega".

Memang benar semua beauty products memiliki tanggal kadaluarsa, biasa dilambangkan dengan simbol berupa pot kecil dengan tutup yang terbuka, apabila tertulis 12M, artinya produk ini masih aman digunakan dalam jangka waktu 12 bulan setelah kemasan dibuka. Biasanya jika terus disimpan setelah tanggal kadaluarsa, kosmetik justru bisa jadi magnet untuk kuman dan jika dipakai ke wajah, ini bisa menimbulkan iritasi bahkan infeksi kulit.

Cara paling aman untuk memastikan tanggal kadaluarsa walaupun simbol terhapus adalah dengan memberi label sendiri dan tempelkan pada kemasan make up. Perhatikan juga kondisi kosmetik sebelum memakai, seperti cat kuku yang sudah mengental, atau lipgloss yang sudah mulai berubah warna, itu tandanya kosmetik tersebut sudah selesai masa pakainya.

Buang make up jika kamu terlihat tanda-tanda berikut: 
Complexion
Concealer biasa bertahan selama 12 bulan, sedangkan bedak wajah bisa bertahan selama 2 tahun. Foundation dengan bahan dasar air akan bertahan selama 12 bulan sedangkan yang berbahan dasar minyak, bisa bertahan selama 18 bulan. Jika foundation yang berbahan dasar air sudah mengering sebelum tanggal kadaluarsa, untuk mencairkan lagi, kamu bisa teteskan alcohol-free toner dan aduk sampai merata.

Skincare
Semua skincare hanya bertahan selama satu tahun, selebihnya disarankan untuk langsung membuangnya. Jika dalam jangka waktu satu tahun krim muka belum habis, itu tandanya kamu kurang rutin mengenakannya atau ukuran kemasan terlalu besar. Disarankan pada kesempatan berikutnya untuk membeli kemasan berukuran lebih kecil.

Eye Makeup

Eyeshadow dan eyeliner bisa bertahan selama tiga tahun, dan kami menyarankan untuk menyerut pensil eyeliner secara rutin. Lain dengan mascara, produk ini lebih cepat mengering dan disarankan untuk mengganti setiap empat bulan. Untuk membuat mascara tahan lebih lama, jangan terbiasa mendorong sikat ke dalam dan keluar kemasan secara berkali-kali saat sedang memakainya karena ini akan membuat udara masuk ke dalam tabung, dan maskara akan lebih cepat kering.

Lips
Menurut para kosmetologis, lip liner dan lip gloss masing-masing bisa bertahan selama dua tahun. Namun kembali lagi, jika lipstik sudah mengeluarkan bau aneh atau lips gloss sudah berubah warna maka langsung buang produk tersebut. Lipstik yang ditaruh dalam lemari es akan bertahan lebih lama, dan efek dingin saat dipakai akan terasa menyegarkan. 

Kuas & Spons
Kuas dan spons harus rutin dicuci seminggu sekali menggunakan pembersih khusus kuas, atau jika tidak ada kamu bisa gunakan shampoo bayi. Jika tidak rutin dibersihkan, makeup yang tersisa di kuas atau kuman yang ada akan menimbulkan masalah muka seperti jerawat atau iritasi.

Nail Polish

Cat kuku kualitas tinggi bisa bertahan selama 12 bulan, namun jika teksur cat kuku sudah mengentail atau mulai mengering, fell free to throw it away. Simpan di tempat yang teduh dan hindari menaruh produk ini di tempat yang langsung terekspos sinar matahari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading