Bulu Mata Palsu: Yes or No?

Tiarani Saputri15 Jul 2011, 02:29 WIB

Jakarta 1.    Mascara

Mascara adalah satu jalan paling mudah dan konvensional untuk mendapatkan bulu mata yang lebih lentik. Ada berbagai macam mascara yang dirancang khusus untuk memberi tampilan lebih panjang, lebih tebal, ataupun keduanya.

Tips:

eyelashes, mascara-       Untuk mendapatkan bulu mata ekstra lentik, gunakan penjepit bulu mata yang sudah dihangatkan dengan hair dryer (nyalakan hairdryer dan arahkan ke bagian penjepit & karetnya, cukup beberapa detik saja). Panas pada penjepit bulu mata akan membantu bulu mata menjadi lebih lentik dengan cepat.
-       Gunakan base coat yang berguna untuk membuat bulu mata terlihat lebih panjang dan memisah-misahkan bulu mata agar tidak menggumpal saat diaplikasikan dengan mascara. Selain itu, base coat juga membantu untuk menjaga kelembaban bulu mata. Kamu bisa mencoba Nourishing Mascara Base dari Shiseido. 
-       Setelah penggunaan base coat, aplikasikan mascara dari pangkal ke ujung dengan berulang sampai bulu mata terlihat lebih tebal, panjang dan lentik. I personally love Super Black Full Mascara #001 Noir Intense dari Anna Sui. Maskara yang satu ini selain memanjangkan, memiliki warna yang hitam pekat sehingga bulu mata selain terlihat lebih lentik juga terlihat lebih lebat dan dramatis. Selain itu, maskara ini memiliki keharuman parfum Dolly Girl dari Anna Sui.

 

2.    Semi Permanent Mascara

Tahukah kamu kalau ada maskara yang tahan sampai 2 minggu? Karena itu, maskara ini disebut semi permanent mascara. Hasilnya cukup natural. Bulu mata kamu pun akan terlihat 30-50% lebih panjang, 20-50% lebih tebal, lebih lentik dan warnanya akan lebih intense. Penggunaannya harus dilakukan di salon khusus di mana bahan dan warna untuk maskara ini akan dicampurkan secara khusus sesuai dengan kebutuhan, lalu diaplikasikan pada bulu mata seperti layaknya penggunaan maskara biasa. Kemudian, dengan sebuah alat khusus mereka akan memisahkan setiap helai bulu mata, dan memberi tambahan maskara untuk mendapatkan ketebalan dan kelentikan yang diinginkan. Sayangnya saat ini proses ini baru ditawarkan di Amerika dan untuk sementara belum ditemui di Indonesia.

 

3.    Keriting Bulu Mata

Tidak hanya rambut yang bisa di keriting, bulu mata pun bisa. Dengan pengeritingan bulu mata, bulu mata kamu akan terlihat lebih lentik tanpa harus repot untuk menggunakan penjepit bulu mata lagi. Proses ini umumnya tahan 2-3 bulan. Tetapi apabila obat yang digunakan cukup keras dapat mengakibatkan kerontokan pada bulu mata. Selain itu, bagi kamu yang memiliki bulu mata yang terhitung pendek justru tidak disarankan untuk melakukan proses ini karena hasilnya akan terlihat tidak alami.

 

4.    Eyelash Growth Booster

Berbagai macam produk seperti Talika yang dulu sempat semarak di Indonesia menjanjikan pertumbuhan bulu mata setelah pemakaian sekitar 1 bulan. Unfortunately, the result varies. Tidak semua yang menggunakan produk-produk seperti ini mengalami kesuksesan.

Claire DanesLain cerita untuk Latisse, produk ini amat populer di Amerika sampai berhasil menembus penjualan 25 juta botol. Claire Danes sendiri melihat perubahan yang amat signifikan setelah pemakaian 16 minggu. Sayangnya, produk ini belum masuk ke Indonesia dan kabarnya kita harus extra hati-hati dalam pemakaian karena jika saat aplikasi produk jatuh ke daerah lain seperti pipi, maka akan dapat menyebabkan tumbuhnya rambut pada daerah tersebut.

 

5.    Fake Eyelashes

bulumata palsu, fake eyelashesCara instan yang banyak digunakan untuk acara-acara khusus. Kamu dapat memilih bulu mata palsu dari yang natural sampai yang dramatis dan high fashion. Kamu pun dapat menumpuk beberapa bulu mata palsu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Umumnya keluhan akan penggunaan bulu mata palsu adalah pada kesulitan pemakaiannya, ketidaknyamanan dan efeknya yang terlihat tidak alami. Tetapi apabila kamu memilih yang tepat untuk mata kamu, maka kamu akan mendapatkan hasil bulu mata yang lentik dan cantik.

 

6.    Lash Extensions

extensionsPilihan terakhir yang sekarang sedang marak adalah eyelash extensions atau penambahan bulu mata dengan menempelkan bulu mata sintetis ke bulu mata asli, satu demi satu menggunakan lem. Tergantung dari pengerjaannya, eyelash extension dapat terlihat cukup alami dengan kelentikan maksimal. Eyelash extensions umumnya bertahan sekitar 1-2 bulan, walaupun di dalam kurun waktu tersebut bulu mata tambahan dapat rontok dan terkadang rontok bersamaan dengan bulu mata asli kamu.

 

 

Semua alternatif di atas memiliki nilai plus dan minus masing-masing. Yang mana pilihan kamu?