Jurus Ampuh Mengecilkan Pori-Pori

Fimela09 Jan 2012, 13:59 WIB
Diperbarui 09 Jan 2012, 13:59 WIB

Next

pori pori besar

Selain jerawat, flek hitam dan kerutan, pori-pori besar juga menjadi salah satu masalah yang menganggu penampilan. Pori-pori yang terlihat jelas membuat kulit terlihat tidak mulus dan kita pun bisa terlihat lebih lebih tua. Apa saja yang memicu membesarnya pori-pori dan bagaimana solusinya?

 

1.     Kulit Berminyak

Apabila kamu memiliki jenis kulit wajah berminyak, maka ukuran pori-pori biasanya akan lebih besar dibandingkan orang yang memiliki jenis kulit wajah normal atau kering karena kandungan minyak berlebih pada wajah secara alami akan dikeluarkan oleh kulit dengan cara memperbesar diameter pori-pori.

 

2.     Faktor Genetik

Rupanya faktor genetik memegang peranan yang cukup besar dalam menentukan ukuran pori-pori wajah seseorang. Coba lihat kulit wajah orang tuamu. Apabila mereka memiliki jenis kulit berminyak dengan pori-pori besar, maka kecenderungan memiliki pori-pori besar di wajah pun semakin tinggi.

 

3.     Memencet Komedo

Stop memencet komedo dengan tangan! Terlalu sering memencet komedo di daerah hidung dengan cara yang salah dan tanpa menggunakan antiseptik dapat membuka pori-pori semakin besar dan terlihat dengan jelas.

 

4.     Penyumbatan Pori-Pori

Pori-pori yang tersumbat akibat pemakaian makeup yang terlalu tebal akan membuat kulit kita menjadi sulit bernafas. Belum lagi penyumbatan pori-pori akibat penumpukan sel-sel mati di kulit wajah. Tidak heran apabila secara alami, kulit akan mencari ‘jalan keluar’ agar tetap bisa bernafas dengan cara memperbesar diameter pori-pori.


5.     Sinar Matahari

Paparan sinar matahari secara langsung dapat membuat lapisan kulit terluar menjadi tebal yang mengakibatkan sel-sel kulit menumpuk disekitar pori-pori dan membuat pori-pori menjadi lebih besar dari ukuran sebenarnya. Parahnya lagi, sinar matahari juga dapat merusak kolagen dan elastisitas kulit sehingga kulit menjadi kendur dan pori-pori akan melebar dengan mudah.

Next

mengecilkan pori pori besar

Memang, pori-pori besar terutama akibat faktor genetik tidak bisa dihilangkan 100%. Tapi jangan sedih Fimelova, masih ada banyak cara kok yang bisa kamu lakukan untuk memperkecil atau memperhalus tampilan pori-pori di wajah kamu. Just follow our simple tips below!

 

1.     Skin care yang tepat

Kalau kamu sudah tahu dampak sinar matahari yang dapat memicu pembesaran pori-pori pada wajah, tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF yang cukup secara teratur. Selain itu, hindari kosmetik yang mengandung minyak mineral karena tekstur partikelnya lebih besar dari pori-pori kulit sehingga membuat pori-pori tersumbat. Pilihlah kosmetik yang oil free, berbahan dasar air atau mengandung minyak nabati.

 

2.     Eksfoliasi

Eksfoliasi sangat diperlukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk agar lapisan kulit bisa bernafas dengan leluasa. Kamu bisa menggunakan scrub, melakukan perawatan mikrodermabrasi atau memakai krim khusus eksfoliasi. Dengan melakukannya secara rutin, lapisan kulit terluar pun akan terkikis secara perlahan sehingga permukaan kulit menjadi lebih halus dan pori-pori terlihat mengecil.


3.     Vitamin C dan Vitamin A

Tidak hanya perawatan dari luar saja, perawatan dari dalam tubuh juga sama pentingnya untuk menyamarkan tampilan por-pori besar pada wajah. Konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, kiwi, pepaya, mangga, dan  vitamin A seperti  kuning telur, daging sapi, susu dan keju yang terbukti efektif untuk mengencangkan kulit.


4.     Masker alami

Untuk perawatan mingguan, kamu bisa mencoba beberapa masker alami seperti masker putih telur. Campurkan 1 sendok makan putih telur dan dan 1 sendok teh madu, lalu aduk sampai merata. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 20 – 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Untuk alternative lain, kamu juga bisa mencoba masker dari campuran air lemon dan madu yang didiamkan sekitar 15-20 menit. Selamat mencoba!

Lanjutkan Membaca ↓