Sukses

Beauty

ASK THE EXPERT: Sering Creambath, Kenapa Semakin Rontok?

creambath

Tanya:

“Rambut saya bermasalah karena rontok cukup banyak. Kebetulan, saya suka sekali dengan perawatan creambath dan rajin menjalankannya. Tapi, kenapa rambut saya semakin rontok?”

Kania, 29 tahun, sekretaris

Jawab:

Creambath memang menyenangkan, karena kepala serta punggung dipijit, sehingga menjadi terapi relaksasi favorit kebanyakan orang. Tapi, yang masih banyak tidak diketahui adalah creambath bukanlah perawatan untuk rambut yang mempunyai masalah rontok atau ketombe. Creambath sebenarnya hanya untuk rambut kering agar kembali lembut. Ketika rambut rontok dan berketome, hentikan sementara melakukan perawatan ini hingga kedua masalah tersebut teratasi. Alasannya adalah karena rambut banyak tertarik saat dipijat-pijat dan ini malah akan menambah jumlah rambut yang jatuh. Sementara, untuk mereka yang berketombe, malah akan memperparah pertumbuhan jamur yang jadi cikal bakal ketombe akibat tingkat kelembapan yang meningkat.

Di berbagai salon, disediakan krim creambath berjenis ginseng untuk memperkuat akar rambut, serta anti dandruff yang mengatasi ketombe. Padahal sebenarnya itu berfungsi sebagai perawatan pencegahan bila Kamu sudah memiliki indikasi rontok atau berketombe.

Apabila rambut Kamu sudah terlanjur rontok, perawatan di rumah dan dilakukan sendiri asal telaten dan rutin, sebenarnya sudah cukup. Dimulai dari menguatkan akar rambut dengan menggunakan hair growth serum yang diaplikasikan langsung ke kulit kepala dalam keadaan rambut kering, baik siang maupun malam. Serum wajib hukumnya karena secara intens bekerja menguatkan akar rambut dan membantu pertuimbuhan rambut baru. Ketika rontok sudah mulai berkurang, diganti dengan hair tonic ginseng yang fungsinya untuk menjaga agar rambut tidak kembali rontok. Selain itu, untuk mencegah batang rambut menjadi kering, rapuh, hingga akhirnya patah, gunakan hair mask dari pertengahan sampai ujung rambut selama 3-5 menit tanpa dipijat, hanya dioleskan dan didiamkan, lalu dibilas bersih. Hair mask inilah yang sebenarnya menggantikan krim creambath, namun tanpa pijatan.

Agar kerontokan tidak terulang lagi, sebaiknya menghindari pewarnaan rambut karena biar bagaimanapun kontak bahan kimiawi ke tubuh pasti memiliki efek samping. Serta, kurangi atau bahkan hindari blow dry karena ketika melakukan itu, rambut ditarik-tarik. Menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut boleh, asal jangan terlalu sering.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading