Sukses

Beauty

NEED TO KNOW: Soal Tabir Surya, Aturan Lama vs Baru!

Next

new fda sun protection regulation

Kini bisa dijamin setiap tabir surya yang diproduksi harus menuruti peraturan baru yang dikeluarkan Food and Drugs Administration (FDA) Amerika. Efektif sejak 18 Juni 2012 lalu, beragam tabir surya yang dikeluarkan (tanpa resep) harus sesuai aturan untuk menampilkan label Broad Spectrum di dalamnya.

Produk tabir surya yang lolos uji Broad Spectrum ini akan memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. Perlu diingat, UVB adalah sinar ultraviolet penyebab utama kulit terbakar. Nah, baik UVA dan UVB mampu menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini pada kulit. Dalam aturan baru ini, semua tabir surya yang melindungi kulit dari setiap kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari akan langsung diberi label Broad Spectrum dan SPF 15 (atau lebih) di kemasan bagian depan.

Aturan baru ini juga menyebutkan bahwa setiap produk tabir surya yang berlabelkan Broad Spectrum dan SPF 15 (atau lebih) tidak hanya akan melindungi dari kulit terbakar, tapi juga mampu melindungi kerusakan kulit lainnya, seperti kanker kulit dan penuaan dini pada kulit. Nantinya, jumlah SPF yang tercantum juga menandakan tingkat perlindungan pada kulit. Sebaliknya, setiap tabir surya yang tidak memiliki label Broad Spectrum, hanya akan memiliki jumlah SPF antara 2 sampai 14 dengan tambahan informasi, hanya mampu membantu mencegah kulit terbakar. 

Next

Nah, untuk membuat konsumen lebih mengerti dan bisa memilih produk tabir surya mana yang mereka inginkan, berikut informasi yang lebih detil mengenai aturan baru ini:

  • Pada setiap produk tabir surya yang dikeluarkan dan tidak berlabelkan Broad Spectrum di dalamnya, hanya akan memiliki kadar SPF mulai dari 2 sampai 14. Selain itu produk ini juga akan dicantumkan peringatan sebagai berikut: “Skin Cancer/Skin Aging Alert:  Spending time in the sun increases your risk of skin cancer and early skin aging. This product has been shown only to help prevent sunburn, not skin cancer or early skin aging.”
  • Setiap produk tabir surya yang mencatumkan “Water Resistance” di dalamnya, harus mencantumkan informasi berama lama waktu yang dibutuhkan untuk melindungi pengguna ketika berenang atau berkeringat karena berolahraga berdasarkan standar uji yang dilakukan. Hanya akan ada dua porsi waktu yang diperbolehkan untuk dicantumkan dalam label: 40 menit atau 80 menit.
  • Setiap produsen tabir surya tidak boleh lagi mengklaim produk mereka dengan istilah: “waterproof”, “sweatproof”, atau menamakan produk mereka sebagai “sunblocks.”  Selain itu, semua tabir surya yang diproduksi tidak boleh mengklaim produk mereka sebagai “Instant Protection” setelah pemakaian atau perlindungan lebih dari dua jam tanpa pengaplikasian ulang, kecuali mendapat persetujuan langsung dari FDA.

Nah, itu dia deretan aturan baru seputar tabir surya yang berlaku sejak tahun ini. Jadi, kamu bisa lebih jeli memilih produk tabir surya yang kamu inginkan. Jangan sampai kamu mudah terbuai lagi dengan beragam janji dari produk tabir surya yang akan kamu beli. Ada beberapa produk tabir surya yang bisa kamu pilih, seperti Ristra Sun Care, Banana Boat Sun Protection, dan The Face Shop Natural Sun AQ Super Perfect Sun Cream. Happy shopping, dear smart shopper!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading