Sukses

Beauty

NEED TO KNOW: Cek Label Kemasan Sebelum Beli Produk Kecantikan!

Next

Jika membeli sebuah produk, pasti yang paling banyak menarik perhatian adalah bagian ‘kegunaan’ di label kemasan produk tersebut. Sesekali melihat bagian ‘cara penggunaan’ untuk hasilnya lebih optimal. Tapi bagaimana dengan label lainnya? Di sana ada nomor registrasi dari BPOM, keterangan kadaluarsa, dan deretan bahan yang terkandung dalam produk tersebut lho! Seberapa peduli kamu dengan bagian ini?

 

Shake well before use

Cara penggunaan sudah pasti menjadi bagian yang paling penting untuk diperhatikan. Salah cara penggunaan bisa jadi membuat hasilnya malah jauh berbeda dari yang seharusnya. Oleh karena itu, penting untuk benar membaca bagian ini ketika baru saja membeli suatu produk. Nah, beberapa produk mencantumkan kalimat ‘shake well before use’ dalam kemasan mereka. Sebut saja, sunscreen, toner, dan bahkan foundation sekalipun. Salah satu alasan utama mengapa kita harus mengocok produk-produk tersebut sebelum digunakan adalah karena skin care umumnya mengandung minyak dan bahan-bahan yang mudah larut dalam air. Kedua jenis kandungan inilah yang akan saling memisahkan diri menjadikan timbulnya semacam endapan di bagian bawah botol kemasan. Inilah sebabnya mengapa kita perlu mengocok produk tersebut agar semua kandungan tercampur merata sebelum digunakan ke kulit. Beberapa produk foundation juga memberlakukan cara yang sama sebelum penggunaannya dengan tujuan agar kandungan pigmen yang kerap mengendap di bagian bawah juga bisa tercampur dengan kandungan lainnya untuk hasil polesan yang lebih merata.

Next

First is the highest

Tidak semua produk kecantikan menuliskan kadar kandungan bahan yang digunakan dalam produk tersebut. Maka yang akan terlihat adalah deretan nama kandungan yang hanya dipisahkan dengan tanda koma pada bagian kolom khusus dalam kemasan. But did you know? Kalau ternyata nama bahan yang muncul paling pertama adalah yang memiliki kandungan paling tinggi digunakan dalam produk tersebut. Begitu pun urutan yang selanjutnya. Semua bahan yang terkandung dalam produk tersebut wajib dicantumkan secara lengkap mulai dari yang terbesar sampai yang terkecil sekalipun. Permasalahannya sekarang, seberapa peduli kamu dengan bahan kandungan dari produk kecantikan yang kamu gunakan? Well, maybe we should talk about this one later in different articles.

 

Registration number

Untuk Indonesia, kita membahas mengenai nomor registrasi dari BPOM. Ini penting mengingat banyak produk kecantikan yang nyatanya membahayakan kulit. Sama halnya seperti makanan, semua produk kecantikan yang ada di pasaran perlu mencantumkan 12 angka nomor registrasi yang terdaftar resmi di BPOM. Ini adalah salah satu cara pemerintah mengawasi peredaran produk yang ada di Indonesia. Kebijakan produk yang bisa beredar bisa berbeda-beda di masing-masing negara, ini sebabnya tidak semua produk luar negeri hadir bebas di Indonesia. Nomor registrasi ini juga penting untuk menandakan bahwa produk tersebut legal beredar di Indonesia. Legal is a must, right? Kalau mau coba cek apakah produk yang kamu miliki terdaftar atau tidak di BPOM, klik di sini

Next

About the expiry date

Keterangan kadaluarsa bukan hanya urusan makanan, tapi juga masalah produk yang kamu gunakan. Coba lebih perhatian dengan bagian yang satu ini mengingat ini berkaitan langsung dengan perawatan kulitmu. Pastikan produk yang kamu gunakan memiliki keterangan kadaluarsa sebagai patokan penggunaan yang aman. Jangka waktunya memang terbilang terlalu lama sehingga kamu akan berpikir kalau produk tersebut akan habis sebelum keterangan kadaluarsa jatuh tempo. Namun, tidak ada salahnya kan lebih peduli sebelum membeli? Jika berbicara tentang makeup, ini perkara lain. Kamu tidak bisa hanya terpatok dengan keterangan kadaluarsa yang tercantum dalam kemasan tersebut, namun juga  harus memerhatikan masa kadaluarsa dari penggunaan produk berdasarkan jenisnya. Ini dua hal yang berbeda. Untuk maskara misalnya, masa kadaluarsanya hanya berlaku sampai enam bulan sejak pertama kali dibuka segelnya. Kemasan maskara yang berbentuk tabung membuatnya menjadi tempat subur untuk bakteri berkembang jika sudah terlalu lama digunakan. Jika tetap digunakan akan menimbulkan iritasi pada mata. Ini sebabnya masa kadaluarsa makeup menjadi poin penting setelah tanggal kadaluarsa produk tersebut. 

 

Nah sudah tahu kan bagian mana saja yang perlu kamu perhatikan selain label cara penggunaan, kan? Kalau dilirik lebih jauh, masih ada label-label lain yang bisa kamu lihat di dalam satu kemasan produk yang kamu gunakan. Just pay more attention to them, Fimelova!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading