Sukses

Beauty

Phaidon L. Toruan, Dokter Spesialis Langsing & Awet Muda!

Next

Phaidon L. Toruan

Semua orang bisa langsing dengan cara sehat

Bahasa kedokteran itu susah, apalagi untuk orang awam. Makanya, sedari awal saya memosisikan sebagai pembicara gaya hidup sehat, saya menggunakan bahasa pemasaran yang teknis dan langsung membahas kebutuhan dasar manusia, salah satunya adalah langsing dan awet muda yang diinginkan oleh sebagian besar perempuan. Dasar dari semua penyampaian saya adalah makan sehat, olahraga, dan berpikir sehat. Karena menyampaikannya dengan bahasa yang mudah dan menyenangkan, cara-caranya pun saya pilih yang mudah sehingga bisa langsung dilakukan oleh siapa saja. Sebagai contoh, saya menyarankan untuk makan tiga buah lokal setiap harinya untuk perempuan yang menginginkan sehat, langsing, dan awet muda.

Saran itu bukan asal ngomong, karena di berbagai penelitian sudah dibuktikan bahwa buah impor sudah diproses agar tahan lama yang menyebabkan vitamin dan mineralnya hilang. Begitu juga dengan saran saya untuk mengganti gula pasir putih menjadi gula aren atau menghindari makanan digoreng, semua orang bisa melakukannya dan bisa mendatangkan hasil yang kentara terlihat bila dijalankan dengan benar. Setelah dengan bahasa dan cara yang mudah, saya lalu menyampaikannya harus juga dengann cara yang menyenangkan, agar membuat setiap orang yang mendengarkan seminar saya merasa kalau saya berbicara berdasarkan masalah mereka.

Kombinasi inner dan outer beauty bisa didapatkan semua orang

Berwajah rupawan layaknya Tamara Bleszynski atau selebriti cantik lainnya adalah sebuah berkah dari pencipta. Sementara, yang saya yakini adalah semua perempuan bisa mempelajari untuk memiliki kepribadian yang bagus sebagai inner beauty dan penampilan yang menarik secara bersamaan, salah satunya dengan bantuan saya menggunakan cara yang benar. Yang sudah saya lakukan sekarang adalah membuat seminar-seminar yang mengetengahkan gaya hidup sehat sambil terus menularkan gaya hidup sehat melalui akun Twitter saya yang aktif. Bukan hanya itu, sekarang saya sedang beralih menuju ke bisnis hidup sehat.

Contohnya, seperti bisnis restoran makanan sehat atau peralatan rumah tangga yang bisa menghasilkan asupan makanan sehat, akan saya promosikan dan beri tempat untuk membuka booth di seminar saya. Maksud dari tindakan ini bukan semata karena saya ingin berjualan, namun dengan semakin banyaknya orang yang terlibat dalam gerakan hidup sehat, lalu bisnis semacam ini tumbuh, maka akan tambah banyak juga yang ikut di dalamnya. Saya tahu, saya pasti terdengar seperti dokter yang komersil. Tak apa-apa, karena yang saya yakini kalau semua hal yang baik itu harus ada sisi ekonomisnya. Saya memang berotak komersil, namun yang terpenting saya membagikan pengetahuannya terlebih dulu, bukan hanya mengeruk keuntungan.

 

Next

 

Phaidon L. Toruan

Anti aging is the next generation of sports medicine

“Aliran” kedokteran yang saya ambil dulu adalah preventive medicine, dan bidang itu semakin terlihat menyenangkan setelah saya mengikuti konferensi anti aging se-Asia Pasifik di Singapura pada tahun 2002. Dari situ saya menangkap bahwa bidang ini bisa saya seriusi berdasarkan tiga pendekatan yang saya terapkan dalam setiap penyampaian saya, yaitu gender, usia, dan status pernikahan. Semua perempuan tak bisa dipungkiri selain ingin langsing, juga ingin awet muda. Namun, anti aging yang saya “jual” di sini bukan seperti paket perawatan yang dijual oleh klinik kecantikan, melainkan gaya hidup sehat tanpa repot. Seperti olahraga. Masih banyak orang yang menyepelekan fungsi olahraga. Dengan cara saya, olahraga saya buat di mata pendengar seminar dan pengikut akun Twitter saya adalah sebuah hal yang sangat rugi bila ditinggalkan.

Saya gunakan masalah penampilan dan rumah tangga yang benar terjadi di kehidupan nyata seperti penuaan dini, selulit atau kehidupan seksual yang kurang bergairah sebagai “wake up call”. Kenapa saya pilih ini, karena dari berbagai survei yang dibuat oleh berbagai media massa, masalah penampilan dan rumah tangga terjadi pada banyak orang, namun sayangnya tidak ditangani secara fisiologis dengan baik. Seperti juga anti aging, saya “sentil” perempuan-perempuan yang menjelang atau sudah berada di usia 30 tahunan untuk mulai gaya hidup sehat bila ingin “facelift”  5-10 tahun lebih muda, dengan bonus kesehatan yang lebih baik secara menyeluruh. Contohnya yaitu fakta olahraga yang bila rutin dilakukan bisa meningkatkan 5-10 kali sirkulasi darah dan bisa didapatkan dengan gratis, tidak semahal yang ditawarkan oleh klinik kecantikan dengan memasukkan zat aktif ke dalam tubuh semacam kafein, namun dengan cara kerja yang tidak seefektif olahraga teratur.

Get the idea, be inspired, and take action

Pada akhirnya, memang bisa disimpulkan kalau apa yang saya lakukan selama ini adalah mengubah mindset orang. Jangan bilang itu pekerjaan mudah, karena mengubah mindset sama saja seperti mengubah agama. Orang nggak bisa mengubah sesuatu bila mereka nggak mengetahui apa yang salah. Namun, bila mereka sudah tahu dan tak tergerak untuk berubah, itu sia-sia saja kan? Makanya, saya sebagai dokter baru bisa dibilang berhasil bila menyampaikan informasi yang bisa menginspirasi orang untuk berubah menjadi lebih sehat, dan bisa diteruskan ke orang yang lebih banyak.

Beberapa orang yang pernah mengikuti seminar saya, sudah menjadi “aktor” perubahan untuk gaya hidup yang lebih sehat, seperti memiliki bisnis memproduksi brownies gandum, mengganti menu di restoran miliknya menggunakan nasi merah, dan lain-lain. Itu artinya, saya nggak bekerja sendirian, namun akan ada banyak tangan untuk mewujudkan satu tujuan ini. Makanya, saya bersama Ade Rai, teman berolahraga sekaligus partner saya, dari tahun 1996 hingga sekarang bahu membahu untuk menyebarkan ide gaya hidup sehat ini. Hopefully, people get the idea, be inspired, and then take action!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading