Sukses

Beauty

Medical Check Up Sebelum Menikah: Seberapa Penting?

Jakarta Saat Anda merencanakan pernikahan, akan ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Sebelum memilih vendor pernikahan terbaik untuk venue, wedding organizer, katering, wedding dress, dan pernak pernik pernikahan lainnya, ada juga beberapa hal penting yang sebaiknya mulai dibicarakan. Salah satunya adalah pemeriksaan kesehatan. Medical check up ini sebaiknya dilakukan untuk mengantisipasi adanya gangguan kesehatan yang mungkin saja dapat membahayakan satu sama lain.

Kira-kira, apa sajakah tes kesehatan yang harus diperiksa sebelum kamu memutuskan untuk menikah? Berikut beberapa di antaranya yang patut menjadi perhatian khusus kamu.

Tes rhesus dan golongan darah

Kamu sebagai orang Asia pada dasarnya memiliki rhesus positif, sementara orang Eropa rhesus negatif. Persilangan kedua rhesus dapat menyebabkan terjadinya keguguran berulang karena sel darah kita akan memakan sel darah janin. Inkompatibilitas rhesus bisa mengakibatkan kematian pada janin. Dengan mengatahui rhesus sebelum hamil, dokter dapat memberikan saran dan solusi untuk menyiasatinya.

Pemeriksaan darah rutin

Mengetahui kadar hemoglobin (hb), hematokrit, sel darah putih (leukosit) dan faktor pembekuan darah (trombosit) adalah hal yang penting. Bagi perempuan sebagai calon ibu, perlu diketahui kadar hb, apakah menderita anemia/tidak, juga agar diketahui apakah kamu mengalami gangguan faktor pembekuan darah. Pemeriksaan gula darah dan kolesterol juga menjadi hal yang penting demi menghindari kendala sebelum kehamilan tiba.

Pemeriksaan klinis lengkap

Salah satu manfaatnya adalah untuk mengetahui tekanan darah pasangan. Tekanan darah yang normal adalah salah satu faktor kesehatan yang penting. Tekanan darah tinggi/hipertensi akan berbahaya saat perempuan dalam kondisi mengandung. Hipertensi saat kehamilan merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan pertumbuhan janin terhambat.

Tes Torch

Tes ini dikhususkan untuk kamu yang bertujuan untuk mengetahui apakah kamu memiliki bawaan virus toksoplasma, rubella, cytomegalo atau herpes. Virus ini dapat membahayakan janin jika suatu saat nanti kamu merencanakan kehamilan. Jika kondisi ini dapat terdeteksi lebih awal, kamu bisa mendapatkan perawatan terlebih dahulu.

Tes Urinalisis Lengkap

Tes ini bertujuan agar untuk mengetahui adakah ISK/ infeksi saluran kemih dan adanya darah, protein yang menunjukkan gejala penyakit tententu.

Tes kesuburan

Tes ini penting untuk dilakukan kedua belah pihak. Untuk perempuan biasanya berupa tes ovulasi, sementara untuk pasanganmu adalah menjalankan tes sperma untuk mengetahui kuantitas dan kualitas spermanya. Penting juga untuk kamu berdua berkonsultasi ke dokter kandungan untuk membicarakan masalah reproduksi secara dini. Perencanaan yang matang untuk mewujudkan keluarga sehat dan bahagia.

 

Penulis: Andwi F. Larasti    
Foto: Erika Gardemark

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading