Sukses

Beauty

Ini Kesalahan yang Sering Kamu Lakukan Saat Mandi

Jakarta Taking shower is a daily thing we do all along, right? Ya, tidak hanya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, mandi sekaligus menyegarkan badan dan pikiran kita. Kegiatan basuh-membasuh yang satu ini pun tidak perlu proses atau metode yang rumit, tinggal ke kamar mandi, cuci muka, basuh badan, gosok dengan sabun, bilas, pakai handuk, selesai.

Namun tahukah kamu, Fimelova, dalam aktivitas mandi itu kita sering tidak sadar melakukan kesalahan yang memberikan dampak pada kecantikan juga, lho. Wah, apa saja itu? Ini dia:

Mandi air panas terlalu lama

Mandi dengan air panas sebenarnya tidak baik untuk kulit. Mandi air panas bisa menghilangkan minyak alami pada kulit dan memperparah masalah eksim.

Menggunakan sabun yang terlalu banyak busa

Busa berlebih justru dapat menghilangkan kandungan minyak alami kulit saat bercampur dengan air, hal ini akhirnya akan membuat kulit kering.

Tidak membasuh sabun dengan bersih

Sisa sabun yang tidak bersih dibilas bisa menyebabkan kulit iritasi, lho. Tak hanya itu, kulit juga jadi kering. Maka dari itu, perhatikan dengan baik jenis sabun yang dipakai.

Memakai masker wajah langsung setelah mandi

Memakai masker wajah tepat setelah mandi dan mencucinya kemudian, berpotensi membuat kulit wajah jadi kering. Kandungan kimia yang lebih mudah terserap juga bisa menimbulkan iritasi. Solusinya, pilih masker yang kaya vitamin C seperti masker hydrogel Etude House dan gunakan beberapa jam setelah mandi.

Menggosokkan handuk dengan keras pada kulit

Kebiasaan menggosokan handuk cepat-cepat dan dengan keras bisa membuat kulit mudah kering. Sebaiknya tepuk-tepukkan handuk dan pakai lotion setelah mandi.

Mandi terlalu lama

Selain kulit jadi kering, terlalu lama membasuh diri dengan mandi juga membuat kulit jadi lebih sensitif dan rentan terkena masalah kulit karena bakteri justru lebih mudah menyerang.

Tak memperhatikan suhu air mandi

Tak hanya membuat kulit kering, suhu air yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kulit mudah mengalami iritasi, muncul flek-flek dan bahkan kulit bisa terasa sakit atau perih.

Mandi sambil mencuci rambut setiap hari

Bukan hanya kulit yang jadi kering, rambut yang dikeramasi setiap hari justru akan kehilangan minyak alaminya sehingga lebih mudah rontok.

Pemakaian produk mandi berlebihan

Kebiasaan yang satu ini tak berdampak langsung pada kulit atau kecantikan, tetapi terlalu banyak memakai produk mandi bisa membuat budget kamu habis di kamar mandi saja.

Mandi terlalu lama

Saking asyiknya merasakan kesegaran guyuran air, kamu jadi berlama-lama di kamar mandi. Tak disadari, setelah mandi kamu tak punya banyak waktu untuk berdandan dan memilih pakaian yang akan dikenakan.

Nah, apakah kamu juga sering melakukan hal-hal tersebut? Jika ya, mari mengubahnya, yuk! In the end, it’s for your own beauty. 

Artikel oleh: Cindy Devina, Beauty Journal Sociolla

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading