Sukses

Beauty

10 tips dan trik agar concealer tampak sempurna

Jakarta Bagi kamu pencinta makeup, istilah concealer pasti sudah tak asing lagi di telinga. Ya, concealer adalah penyamar noda yang berguna untuk menutupi kekurangan pada kulit wajah, seperti bekas luka, lingkaran hitam atau jerawat. Dalam sekejap, concealer dapat menyulap wajah kamu yang terlihat lelah dan kusam jadi tampak cerah seketika. Hal inilah yang membuat concealer digemari oleh kaum perempuan.

Namun dalam pengaplikasian concealer, sepertinya masih ada banyak tips dan trik yang harus kamu ketahui. Apa saja?
 
Gambar concealer dalam bentuk segitiga di bawah mata mengarah ke pipi
 
Selama ini, banyak yang menggunakan concealer dengan gerakan menyamping, tepat di bawah mata mengarah ke bagian luar mata. Cara yang benar adalah dengan menggambar segitiga di bawah mata. Cara ini tidak hanya dapat menyamarkan lingkaran hitam, tapi juga menciptakan kesan wajah kamu terlihat kencang.
 

Gunakan concealer berwarna hijau kemudian tumpuk dengan concealer berwarna senada dengan kulit untuk menutup jerawat
 
Sama seperti foundation, concealer pun memiliki shade untuk jenis permasalahan tertentu. Jika masalah utama kamu jerawat, gunakan concealer berwarna hijau di bagian yang berjerawat dan pakai dengan kuas yang bersih agar bakteri jerawat tidak menyebar. Kemudian aplikasikan concealer yang warnanya mendekati warna kulitmu untuk menutupi jerawat.
 
Tutup jerawat di dada atau punggung dengan concealer

Ingin memakai blouse atau gaun backless namun jerawat di punggung mengganggu? Tutup dengan concealer yang warnanya sama dengan warna kulit, kemudian bubuhkan setting powder agar lebih tahan lama.

 
Pakai foundation jika tidak memiliki concealer
 
Foundation juga dapat berfungsi sebagai concealer lho. Jika kamu lupa membawa concealer di tas, jangan panik. Untuk foundation yang bertekstur cair, oleskan dan tunggu beberapa saat hingga sedikit menebal, kemudian baurkan. Jangan langsung membaur foundation karena tidak akan memberikan coverage yang penuh.
 

Gunakan concealer berwarna orange atau peach untuk yang memiliki lingkar mata hitam

Warna orange ataupun peach dapat mengurangi dan bahkan menutupi bayangan gelap seperti ungu yang biasanya terjadi di area mata bagian bawah. Gunakan jari manis saat mengoleskan dan membaurkannya pada bawah mata agar tidak meninggalkan bekas keriput pada kulit sekitar mata. 

 
Ketahui warna concealer yang cocok dengan permasalahan Anda

Warna peach dapat menutup bayangan hitam ataupun lebam, hijau menutup warna merah seperti jerawat yang meradang, sedangkan concealer warna kuning dapat meratakan warna kulit wajah yang tidak merata.
 
Sembunyikan mata sembab dengan gabungan eye cream, highlighter, dan concealer

Campur ketiga produk tersebut kemudian baurkan di daerah sekitar mata yang sembab dan di tulang alis untuk mencerahkan dan memberikan efek segar.
 
Tempelkan tisu 

Setelah membaurkan concealer, kadang teksturnya memberikan kesan retak pada garis-garis halus pada mata. Coba ambil 1 lapisan tisu, dan tempelkan ke daerah tersebut.
 
Bentuk bibir
Ingin membuat lipstik di bibir kelihatan lebih menyala dan menghindari warnyanya keluar dari garis? Gunakan saja concealer di bagian luar bibir dengan kuas yang berujung tipis, lipstik pun selalu berada pada tempatnya.

 
Ilusi bibir tebal
 
Jika bibirmu tipis dan menginginkan bibir yang lebih tebal, oleskan concealer pada bagian tengah bibir, kemudian baurkan dengan jari telunjuk sebelum mengaplikasikan lipgloss berwarna nude.
 
Tips: Gunakan concealer yang bertektur cair agar lebih mudah diaplikasikan seperti Bourjouis Healthy Mix . Untuk mengetahui rekomendasi produk concealer sesuai dengan permasalahanmu, klik di sini.

Atrtikel Oleh: Natalia Lionardy, Beauty Journal Sociolla

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading