Sukses

Beauty

5 Jenis Jerawat Paling Rumit dan Cara Melawannya

Jakarta Masalah kulit wajah banyak jenisnya. Namun, umumnya, masalah kulit yang rutin muncul dan dialami oleh banyak perempuan adalah jerawat. Cukup menyebalkan sih, Fimelova. Karena kita nggak hampir nggak bisa memprediksi kapan jerawat ini akan muncul. Kulit yang sudah terjaga kebersihannya pun bisa saja dihinggapi oleh jerawat.
 
FYI nih, Fimelova. Nggak berbeda dengan masalah kulit, jerawat pun memiliki tipe yang lebih dari satu. Dan nggak semua jerawat sama penanganannya. That’s why, diagnosis akurat tentang kondisi jerawatmu, adalah langkah tepat untuk mencegah terjadinya kondisi yang lebih serius.
 
Untuk penanganan yang tepat, yuk! cari tahu jenis jerawat itu apa aja sih? Berikut ulasannya, Fimelova!
 
Jerawat Ringan:

Komedo
Ada dua kategori komedo, pertama komedo bintik putih, dan kedua komedo bintik hitam. Ini merupakan kombinasi sebum dan sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori wajah. Awalnya, komedo akan muncul dengan warna putih. Ada yang terlihat dan ada yang tidak terlihat (tersumbat). Mengapa pori-pori berubah menjadi hitam? Ini karena adanya pengaruh udara yang mengakibatkan oksidasi yang menyebabkan komedo berubah menjadi hitam. Jadi sebenarnya bintik hitam itu adalah sebum dan sel kulit mati yang terkena oksidasi udara, seperti polusi dan debu.
 
Jerawat Meradang:

Papula
Ini adalah tipe jerawat meradang, papula adalah benjolan kecil dan merah pada kulitmu yang lunak bila dipegang. Jerawat ini besarnya bisa 1 cm dari ujung ke ujung. Bila papula terkena infeksi bakteri, jerawat akan muncul di wajahmu.

Pustula
Jerawat yang terinfeksi papula dengan nanah di pinggirnya. Ini dapat muncul pada kulitmu berupa benjolan merah yang membengkak, dengan nanah putih atau kuning di pinggirnya.

Nodula
Benjolan yang besar, keras, meradang, dan sakit di bawah permukaan kulitmu. Ketika bakteri masuk pada pori-pori terbuka yang tersumbat oleh bintik hitam, pori-pori terkena infeksi. Untuk menahan infeksi, kulit akan meradang dari dalam, dan nodula muncul di luar. Nodula memerlukan waktu agar hilang

Luka Kistik
Benjolan yang dipenuhi nanah berwarna merah, bengkak, dan sakit, terdapat di bawah permukaan kulitmu. Luka kistik adalah tipe lainnya dari jerawat peradangan yang disebabkan oleh bakteri, seperti halnya dengan nodula. Bila nodula adalah benjolan keras dan besar, luka kistik dipenuhi dengan nanah dan rasanya seperti kantung berisi cairan.
 
Jerawat muncul di wajah memang cukup menganggu. Tak hanya bisa membuat diri tampil tak percaya diri, namun juga bisa menguras pengeluaran. Jika kulit kita bukan tipe sensitif, mungkin tak perlu khawatir yang berlebih. Selain rutin membersihkan wajah sebelum dan sesudah berakitivas seharian penuh, kita bisa menggunakan skincare yang mudah di dapat di gerai kecantikan, itu sudah bisa menjadi solusi.
 
Lalu bagaimana dengan kulit sensitif?
 
Yap! berkunjung ke dokter spesialis kulit adalah pilihan terbaik. Daripada mencoba sembarang produk skincare. Perlindungan tepat dan akurat, adalah cara terbaik untuk merawat kulit wajahmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading