Sukses

Beauty

4 Mitos Tentang Dehidrasi yang Perlu Kamu Tahu Kebenarannya

Jakarta Manfaat baik dari segelas air putih bagi tubuh tentu bukan hal asing yang baru kamu dengar kan, Fimelova. Tapi, walaupun banyak manfaat baiknya, cairan yang sangat diperlukan oleh tubuh kita ini juga memiliki mitos negatif yang terkadang dapat membuat kita merasa cemas.

Beberapa mitos yang sering terdengar di telinga diantaranya, tubuh wajib mengonsumsi air sebanyak 8 gelas sehari. Kedua, jika tubuh sering merasa haus, artinya kamu terkena dehidrasi. And last but not least, untuk mencukupi cairan, tubuh hanya dapat minum air putih. Keraguan mengenai manfaat air ini, tak jarang dapat membuat kita menjadi ragu dengan pentingnya asupan air bagi tubuh.

Well, untuk menjawab keraguan tersebut, yuk! kita cari tahu kebenaran tentang mitos-mitos di atas. Let's read it out, Fimelova!


 

Next

Minum Air 8 Gelas dalam Sehari



Istilah "Sebaiknya minum 8 gelas sehari" pasti tidak asing di telinga kamu. Istilah tersebut sering dilontarkan karena memang mudah diingat, tapi ternyata tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa 8 gelas air adalah banyaknya air yang harus kita konsumsi dalam sehari. Cukup minum air di saat kamu merasa butuh aja ya, Fimelova!

Next

Haus berarti Dehidrasi

Banyak yang bilang kalau kamu haus, secara otomatis kamu dehidrasi. Itu asumsi umum yang salah, Fimelova. Rasa haus adalah proses fisiologis yang justru memang terjadi untuk mencegah dehidrasi. Seiring kamu beraktivitas sehari-hari, kamu akan berkeringat dan akan kekurangan air dalam tubuh. Dengan rasa haus, artinya tubuh memberi tahu kamu untuk ‘mengisi ulang’ cairan tubuh dengan air agar badan tidak kekurangan air secara berlebih. Jangan cuekkan rasa hausmu!

Next

Air Hanya Bisa Diminum



Walaupun air adalah cairan penting untuk tubuh kita, bukan berarti kita hanya bisa mengonsumsi air dengan cara diminum. Institute of Medicine sendiri mengatakan bahwa 20% dari air yang kita konsumsi itu harus datang dari makanan. Banyak kok, makanan yang mengandung air dengan takaran yang sama dengan segelas air putih. Buah seperti semangka dan sayur seperti selada terbukti mengandung air lebih dari 90%. Jadi jangan lupa makan buah dan sayur setiap hari!

Next

Kopi dapat menyebabkan dehidrasi


Kopi, teh, atau minum berkafein lainnya ternyata tidak terbukti dapat menyebabkan dehidrasi. Mengonsumsi minuman kafein atau minuman manis secara berlebih, akan membuat tubuh lebih sering mengeluarkan cairan (pipis). Ini disebut sebagai diuretik ringan, namun bukan berarti kamu langsung mengalami dehidrasi, Fimelova. Jadi jangan buru-buru menghindari kopi atau teh favoritmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading