Sukses

Beauty

Gula Memang Bikin Gemuk, Ini 9 Cara Atasi Ketagihan Makanan Manis

Jakarta Gula adalah salah satu perasa makanan yang digunakan untuk memberikan rasa manis di minuman/makanan favorit kita. Sering kali, kita tidak merasa puas jika belum mengonsumi es krim, minuman bubble tea, kue, atau berbagai macam jenis dessert lainnya di akhir sesi makan besar kita. Makanan/minuman manis pun sering dijadikan pilihan sebagai pendamping sesi kumpul-kumpul bersama orang terdekat saat weekend.

Fakta mengonsumsi gula,  apalagi secara berlebih, tidak  baik untuk kesehatan memang bukan lagi hal baru bagi kebanyakan orang. Gula juga dapat menambah berat badan, bahkan mengakibatkan seseorang terserang obesitas. Tidak bisa dipungkiri bahwa mengatasi hasrat untuk mengonsumi gula dan makanan manis adalah salah satu persoalan yang sulit untuk dilakukan. Worry not, karena nutrisionis selebritis Elissa Goodman telah  berikan 9 cara untuk  atasi sugar cravings yang sering menghantui.

Kurangi Makanan Olahan

Mengurangi makanan olahan yang sudah biasa dikonsumsi sehari-hari mungkin akan terasa sulit di awal. Tetapi, semakin kita mengurangi konsumsi makanan olahan, maka hasrat kita untuk mengonsumi makanan itu pun akan semakin berkurang. Yang dimaksud dengan makanan olahan adalah makanan yang telah diubah dari keadaan alaminya dan mengalami proses pengolahan dengan metode tertentu, seperti makanan siap saji, makanan ringan, atau makanan kaleng. Paksa diri kita untuk menolak semua jenis makanan olahan sampai diri kitapun akhirnya terbiasa.

Konsumsi Probiotik

Di dalam tubuh kita terdapat bakteri tertentu yang bertahan hidup dengan kandungan gula yang masuk ke tubuh kita. Ketika kita mengurangi bakteri ini, maka akan membantu kita untuk mengurangi hasrat kita mengonsumi gula dan makanan manis. Di Indonesia, probiotik sudah tersedia dalam bentuk suplemen yang bisa kita dapatkan di toko-toko kecantikan dan kesehatan. Selain itu, beberapa makanan juga mengandung probiotik, seperti tempe atau yogurt. 

Konsumsi Suplemen Glutamin

Meski sulit, sugar craving bisa ditaklukan salah satunya dengan suplemen dengan kandungan Glutamin. Glutamin mengandung asam amino yang dapat mendukung kerja tubuh kita, terutama di bagian perut. Ketika kadar gula kita turun, asam amino ini dapat berubah menjadi glukosa. Oleh karena itu, dapat membantu mengobati sugar cravings tanpa memberikan tubuh kita kandungan gula yang jahat. Sudah banyak perusahaan suplemen makanan yang menjual produk suplemen L-Glutamin. Salah satu cara mendapatkannya dengan memesan melalui website jual beli online baik lokal maupun iternasional. Tapi, sebaiknya konsultasikan kebutuhan suplemen kita dengan ahli

Perbanyak Konsumsi Makanan Asam

Makanan asam atau pahit dapat menetralisir hasrat kita terhadap makanan manis. Ketika membuat smoothies atau makanan/minuman lainnya, sertakan bahan-bahan seperti sayur endive dan kubis. Mengonsumsi infused water juga dianjurkan untuk dikonsumi tiap hari

Makanan yang difermentasi

Tidak perlu sulit memikirkan makanan yang dapat kita konsumsi untuk mengurangi sugar cravings yang sering menyerang. Makanan khas Indonesia, tempe, dapat menjadi salah satu makanan yang dapat mengurangi sugar cravings. Selain tempe, kita juga dapat mengonsumi makanan fermentasi dari negara lain seperti kimchi, sauerkraut, atau kefir. Selain rasanya yang asam, makanan yang difermentasi juga menawarkan probiotik untuk tubuh kita.

Stevia

Buat yang belum tahu, Stevia adalah tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai pemanis natural yang bisa digunakan sebagai pelengkap gula. Stevia mengandung rasa manis tanpa memberikan kadar gula yang jahat untuk tubuh kita. Selain daunnya, stevia juga sudah banyak diolah menjadi berbagai macam bentuk, seperti cairan, yang bisa lebih mudah dikonsumi untuk berbagai  jenis makanan dan minuman. Stevia sendiri umumnya ditemukan di Amerika Serikat dan dan wilayah Asia Timur. Meskipun di Indonesia perkembangan stevia masih terbatas, kita masih bisa memperolehnya dengan membeli produk olahannya. Secara online saja, kita sudah dapat menemukan banyak distributor yang menjual stevia dalam bentuk daun kering, serbuk, cairan, maupun teh celup

Perbanyak Waktu Tidur

Istirahat dan tidur yang cukup sudah terbukti memiliki  banyak manfaat, termasuk mengurangi hasrat untuk mengonsumi kalori dan gula berlebih. Tidur yang kurang berpengaruh terhadap kecenderungan tubuh kita mengonsumi makanan yang mengandung gula lebih tinggi.

Minimalisir Stress

Mengonsumi es krim, kue, dan makanan lainnya yang mengandung gula yang tinggi biasa dilakukan sebagai pelarian dari stress yang dirasakan. Padahal, makanan dengan kandungan gula yang tinggi justru dapat membuat rasa stress dan gelisah lebih buruk. Lakukan olahraga dan kegiatan yang menenangkan seperti yoga, meditasi, atau apapun yang dapat membuat diri lebih rileks.

Perbanyak Asupan Protein

Sugar rush yang dirasakan saat mengonsumi gula akan diikuti dengan penurunan yang drastis yang mengakibatkan rendahnya energi dan mood yang kurang baik. Siklus naik turunnya kandungan gula di dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan. Mengonsumsi makanan berprotein seperti kacang-kacangan, telur, atau daging dapat memberikan kandungan energi yang seimbang. Alhasil, akan mengurangi efek dari bahan kimia yang membuat kita ingin mengonsumi makanan sekalipun tidak lapar.  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading