Jarang Olah Raga Tapi Ingin Tubuh Ideal, Coba Treatment Penghilang Lemak Ini

Fimela Editor09 Mei 2017, 14:00 WIB

Jakarta Memiliki tubuh langsing, minim lemak, rasanya diinginkan semua perempuan. Untuk mewujudkannya, beberapa kegiatan pembentuk tubuh pun dilakukan, dari olahraga, menerapkan pola makan sehat, diet, bahkan sampai operasi. Sayangnya, keinginan untuk disiplin menjalankan aktivitas seperti olahraga sering terbentur oleh aktivitas yang padat. Rencana untuk olahraga rutin pun tinggal mimpi.

Beberapa hari yang lalu, tim FIMELA berkesempatan mencoba sebuah rangkaian perawatan tubuh terbaru dari Inggris, yang kabarnya mampu meminimalisir lemak tubuh hanya dengan 1 kali perawatan.

Didampingi oleh dokter ahli, Dr. Adelina Kautsar, Dipl, CIBTAC, FIMELA mencoba perawatan pelangsing tubuh ini. Jenis perawatan yang dipilih adalah menghilangkan lemak di area perut (Selain di area perut, perawatan ini juga bisa untuk area paha, lengan, dan wajah). Sebelum menjalani perawatan, terlebih dulu dokter melihat kondisi lemak di bagian perut. Fungsinya, untuk menyesuaikan alat yang dibutuhkan, agar lemak yang terdapat di atas otot perut dapat dihilangkan.

Dengan kondisi lemak perut yang ternyata masih di level normal (Thank God!), dan dokter selesai mengukur bagian atas, tengah, dan bawah perut, alat yang digunakan adalah X-Wave, BTL Vanquish, dan Exilis Elite. Fyi, lemak yang dapat dihilangkan hanya di area atas otot perut saja. Sementara untuk lemak yang berada di bawah otot, dokter tetap menganjurkan dibarengi dengan olahraga dan diet teratur (bukti bahwa memang kita harus menyempatkan diri untuk berolahraga).

Lalu, bagaimana alat pelangsing yang disebut BTL (sekaligus nama perusahaan yang membawa alat ini hadir di Indonesia) bekerja? Dari pengalaman langsung yang FIMELA coba, berikut langkah demi langkahnya:

#Step 1: X-Wave
Sebelum memulai perawatan menggunakan X-Wave ini, kita berbaring dan area perut dioleskan ultrasonic gel, yaitu gel yang sama seperti yang digunakan pada prosedur USG. Alat BTL X-Wave ini menggunakan gelombang akustik yang secara efektif menghancurkan lemak yang sudah bersarang di dalam tubuh. Dokter Ade mengatakan bahwa ciri lemak yang bersarang di perut, terlihat dari adanya selulit di beberapa sisi. Reaksi yang dialami setiap orang saat melakukan perawatan ini akan berbeda-beda. Dari pengalaman FIMELA, ada sensasi sedikit sakit, karena alat ini bekerja dengan mekanisme menumbuk dan berfungsi membantu mengurai lemak. Durasi penggunaan alat ini tergantung dari banyaknya lemak, namun pada umumnya dilakukan selama 7 menit.

#Step 2: BTL Vanquish
Perawatan menggunakan BTL Vanquish ini adalah perawatan yang paling santai. Karena alat ini merupakan sistem pelangsingan badan yang secara efektif dan efisien dapat meluruhkan lemak tanpa perlu menyentuh tubuh sama sekali. Terdengar impossible dan kami pun bertanya-tanya bagaimana cara kerjanya sebenarnya. Ternyata, dengan menggunakan Frekuensi Radio selektif. Gelombang ini dapat menghancurkan sel-sel lemak tanpa menyebabkan kerusakan jaringan yang sehat di sekitarnya. Bahkan saat proses penghilangan lemak diterapkan selama 45 menit di area seputar perut, tidak terasa sakit. Hanya merasakan panas di beberapa bagian perut. Artinya alat tersebut sedang bekerja meluruhkan lemak pada bagian tersebut. Nah, karena panas yang ditimbulkan, Dokter pun menyarankan siapa pun untuk banyak minum air putih sebelum melakukan perawatan ini. Lemak yang hancur biasanya akan dikeluarkan bersamaan dengan air seni atau keringat.

#Step 3: BTL Exilis Elite
Exilis Elite ini berfungsi untuk mengencangkan bagian kulit yang kendur setelah proses penghilangan lemak. Sebelum memulai perawatan ini, area perut diolesi baby oil terlebih dahulu. Tujuannya agar kulit tidak kering pada saat menjalani treatment. Ketika perawatan ini berjalan, terasa sensasi panas dan dingin yang bergantian. Karena Exilis Elite menggunakan energi dual pulse yang akan menciptakan suhu yang panas secara terus menerus ke lapisan paling dalam dan juga adanya advance skin cooling dalam satu tindakan.

Setelah menjalani ketiga rangkaian treatment tersebut selama kurang lebih 1,5 jam, tim FIMELA yang mencoba perawatan ini bersama dokter Ade kembali melakukan pengukuran di bagian perut. Hasilnya, perut bagian atas berkurang 2,5cm dari ukuran sebelumnya, bagian tengah berkurang 4cm, dan bagian bawah berkurang 2cm. Dokter Ade menyarankan untuk mengulangi perawatan ini sebanyak 4 kali dengan rentang waktu 7-10 hari untuk hasil yg lebih optimal, yaitu bisa mencapai 8cm.

Perawatan pelangsing tubuh ini bisa dicoba oleh perempuan usia 18 sampai 70 tahun. Beberapa klinik di Jakarta yang bisa dikunjungi diantaranya: H Clinic Jakarta, Blink Beauty Jakarta, Mamamia Spa Jakarta, Nurtura Aesthetics & Wellness Jakarta, Dazlzling Clinic Jakarta, The Clinic Beautylosophy Jakarta, RSIA Hermina Galaxy Bekasi.