Sukses

Beauty

Jenis Scrub yang Dibutuhkan Kulit Wajah Kering, Berminyak dan Sensitif

Jakarta Kulit wajah kusam tidak cukup dirawat hanya dengan menggunakan skincare, dari cleanser, toner, essence, serum, dan moisturizer saja. Perlu tambahan perawatan khusus yang ditujukan untuk eksfoliasi. Artinya, kulit membutuhkan produk kecantikan yang fungsinya adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

Scrub, menjadi beauty essential tambahan yang dapat kita andalkan untuk melakukan eksfoliasi. Penggunaan scrub pun cukup sederhana dan bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Namun, walaupun terlihat effortless, beda tipe kulit, kebutuhan scrub untuk merawat kulit wajah juga berbeda lho. Jika cara penggunaan scrub salah dilakukan, kulit bukannya terlihat mulus, malah iritasi. Ini lah yang sering kita keluhkan saat menggunakan scrub di wajah. Kulit menjadi kering dan terlihat merah. Padahal, kesalahan mungkin ada di cara penggunaan scrub yang salah.

Nah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, berikut aturan menggunakan scrub yang perlu kita patuhi agar tidak menimbulkan iritasi di kulit wajah.

>> Pilih Scrub yang Tepat

Berlaku untuk kulit kering, berminyak, atau berjerawat. Pilihlah scrub wajah dengan butiran yang halus. Butiran scrub jenis ini bermanfaat untuk meminimalisir wajah dari efek kemerahan dan tidak merusak kulit. Jika diteliti, biasanya kita akan menemukan keterangan di produk scrub yang menjelaskan jika scrub tersebut menggunakan formula “mikrodermabrasi”. Artinya, butiran scrub menggunakan butiran yang terbuat dari biji jojoba, tepung almond, atau gula. Bahan-bahan ini efektif untuk menykirkan sel-sel kulit mati namun tidak merusak lapisan epidermis kulit.

1. Dry Skin: LAKME, Clean Up Face Scrub (Clean Pores)

 2. Oily Skin: St. Ives Apricot Scrub (Blemish Control)

3. Acne Skin: The Body Shop Tea Tree Squeaky-Clean Scrub 

>> Beda tipe kulit, kebutuhan scrub juga berbeda

Tiap kulit wajah memiliki kebutuhan scrub yang berbeda. Artinya, scrub tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari. Untuk kulit berminyak, lakukan scrub 2 sampai dengan 3 kali seminggu. Kulit kering, maksimal 2 kali dalam seminggu. Dan kulit berjerawat, maksimal sekali dalam seminggu.

>> Kapan waktu yang tepat menggunakan scrub?

Lakukan scrub pada pagi hari untuk proses eksfoliasi yang maksimal. Kulit akan melakukan regenerasi pada malam hari. Ini alasan mengapa melakukan scrub di pagi hari akan efektif untuk proses eksfoliasi.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading