Selain untuk Wajah, Air Rendaman Beras Juga Bisa untuk Rawat Rambut

Monica Dian18 Agu 2017, 10:00 WIB

Jakarta Tidak hanya perawatan kulit, perawatan rambut pun nyatanya memiliki banyak inovasi dan trik unik. Sebelumnya, sudah dibahas bahwa keramas menggunakan campuran shampoo dan gula dapat mengeksfoliasi kulit kepala. Lalu, kini hadir trend perawatan rambut terbaru menggunakan ‘hair water’.

Hair water merupakan metode perawatan rambut yang terinspirasi dari resep kecantikan perempuan Jepang. Tidak asing dengan rice water atau air beras, kan? Air perasan beras ini sudah dikenal akan manfaatnya untuk perawatan kulit dan fermentasinya jadi kandungan ajaib pada produk skincare. Faktanya, nutrisi air beras juga baik untuk rambut. Sudah sejak lama perempuan Jepang menggunakan air beras untuk membilas rambut seusai keramas karena kandungan vitamin, mineral, dan asam amino di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Hasilnya, rambut lebih kuat, sehat, dan berkilau.

Untuk mendapatkannya, kita bisa gunakan air rendaman beras yang kedua. Air rendaman yang pertama sebaiknya dibuang saja karena mengandung kotoran dan zat kimia yang kemungkinan menempel di beras. Setelah itu, tambahkan air kembali pada beras, aduk-aduk, dan diamkan beberapa menit. Kemudian, ambil airnya untuk membilas rambut seusai keramas. Diamkan air beras selama 2 menit sampai meresap, dan bilas kembali dengan air bersih. Yang perlu diperhatikan, lakukan tidak lebih dari sekali dalam seminggu dan harus pakai air beras yang segar baru dibuat.

Ash & Nectar Rice Water Hair Milk

Tidak harus membuat sendiri air beras tersebut. Karena di pasaran sudah banyak produk hair water yang siap memberi vitalitas pada rambut. Seperti Ash & Nectar Rice Water Hair Milk. Cara pakainya mudah, seperti pakai masker rambut. Setelah pakai shampoo, pijatkan hair water ke kulit kepala, lalu bawa hingga ke ujung rambut. Setelah aplikasinya merata, diamkan selama 5-10 menit, kemudian bilas.

Tertarik mencoba trend perawatan rambut hair water? Jangan lewatkan juga manfaat beras yang bisa didapat dari berbagai jenis produk hair care berikut.

Phyto Ultra-Reparative Mask Keratine | L'Anza Healing Pure Clarifying Shampoo |

Kiehl’s Rice and Wheat Volumizing Shampoo