Sukses

Beauty

Perawatan Masker Alami untuk Segala Jenis Rambut

Jakarta Perawatan rambut menjadi salah satu hal yang penting dilakukan untuk menunjang penampilan. Namun gaya hidup segala kesibukan membuat Anda cukup sulit untuk menyisihkan waktu untuk merawat rambut.

Hasilnya, rambut pun menjadi rapuh, rusak, tak terawat bahkan rontok. Padahal Anda bisa merawat rambut dengan cara yang cukup praktis. Salah satunya adaah dengan menggunakan masker rambut yang dibuat sendiri di rumah dan cocok untuk semua jenis rambut, seperti dilansir dari Boldsky pada Kamis (29/3/2018) berikut ini.

1. Melembapkan rambut

Image: Jessoshii.com

Memiliki rambut yang kering membuatnya sulit untuk diatur. Gunakan masker rambut ini untuk menyehatkan kulit kepala yang kering. Yang dibutuhkan adalah minyak zaitun dan yoghurt.

Minyak zaitun kaya akan vitamin E dan berperan penting untuk memberikan nutrisi lengkap bagi kulit dan rambut. Sedangkan yoghurt berkhasiat untuk melembapkan. Jika kedua bahan ini dicampur akan membuat rambut halus dan berkilau.

Caranya, campurkan yoghurt dan minyak zaitun. Kemudian aduk dan oleskan pada rambut. Biarkan selama 15-20 menit. Cuci dan bilas dengan air bersih.

2. Membersihkan

Masker rambut ini khusus untuk orang yang memiliki masalah dengan ketombe atau jerawat pada kulit kepala. Hanya perlu membuat scrub dari garam, jus lemon, dan minyak zaitun. Aplikasikan campuran ini pada kulit kepala sehingga semua kulit mati bisa terangkat. Terakhir, cuci rambut hingga bersih.

Garam berfungsi menghilangkan kulit mati, sementara minyak zaitun memastikan agar kulit kepala tidak terlalu kering karena scrubbing. Terakhir, jus lemon berfungsi menjaga agar tingkat pH kulit kepala tetap normal.

3. Pemeliharaan ekstra

Kondisioner biasa terkadang tidak cukup untuk menghidrasi rambut. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan minyak kelapa dan madu sebagai masker rambut. Minyak kelapa menjadi minyak penetrasi yang menghidrasi rambut secara maksimal. Sedangkan madu akan membantu menambah kilau pada rambut.

Caranya, campurkan kedua bahan tersebut dan aplikasikan pada rambut. Fokus pada ujung rambut karena tempat ini yang mengalami kerusakan paling besar. Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

4. Menumbuhkan rambut

Banyak kondisi rambut yang mengalami pertumbuhan lamban. Telur dapat menstimulasi pertumbuhan rambut karena kandungan protein di dalamnya sangat dibutuhkan oleh rambut. Kita hanya perlu mengocok telur dan mengoleskannya ke seluruh rambut Anda. Jumlah telur yang digunakan tergantung pada panjangnya rambut.

Setelah dioeleskan dengan telur, tutup dengan shower cap dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

5. Menyeimbangkan pH

Beberapa orang memiliki kulit kepala yang memproduksi banyak ketombe dan sebum. Jenis kulit kepala ini membutuhakn perawatan keseimbangn pH. Untuk itu, campurkan jus dari satu buah lemon dengan satu sendok teh cuka sari apel. Oleskan pada kulit kepala setelah keramas.

Perawatan ini memastikan kulit kepala terbebas dari kadar minyak berlebih dan ketombe. Pijat campuran jus lemon dan cuka pada kulit kepala dan tutup dengan shower cap. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat. Jangan gunakan kondisioner setelah perawatan ini.

6. Mengkilaukan rambut

Campurkan satu telur dengan beberapa minyak kelapa dan minyak zaitun. Campur semua bahan ini dan oleskan ke seluruh rambut. Kenakan shower cap dan diamkan hingga 30 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading