Sukses

Beauty

Minyak Alami dari Zaitun, Tebu, Biji Gandum dan Padi untuk Kecantikan

Jakarta Pernah mendengar Squalane Oil? Nah, ini dia bentuk akhir dari hasil olahan zaitun, tebu, gandum, dan padi sesudah menjadi skincare. Melalui proses hidrogenasi, keempat sumber tersebut diolah menjadi minyak yang bermanfaat baik untuk kecantikan, salah satunya untuk kulit mata. Proses kimia ini disebut sebagai squalane.

Squalane adalah bentuk jenuh dari buah tebu setelah melalui proses kimia yang disebut dengan hidrogenasi. Proses ini bertujuan agar buah tebu yang telah diolah menjadi minyak tidak mudah mengalami oksidasi (basi/bau menyengat). Jadi, ada perbedaan antara squalene dan squalane. Squalene adalah sumber (buah tebu) olahan, sedangkan squalane adalah proses dimana sumber (buah tebu) diolah.

Sebenarnya, squalane ini sudah terdapat di dalam tubuh kita. Ia berfungsi sebagai senyawa yang menghasilkan kelenjar minyak alami pada kulit. Fungsinya adalah untuk melembabkan. Dalam istilah medis, squalane pada tubuh manusia manusia disebut dengan human sebum. Seiring bertambahnya usia, senyawa squalane di dalam tubuh kita pun akan berkurang. Produksi squalane lebih aktif ketika kita berusia 20an.

Umumnya, squalane ini banyak diolah dari hati ikan hiu. Squalane dari hati ikan hiu menjadi salah satu rahasia kecantikan perempuan Jepang dari zaman dulu. Namun, karena faktor lingkungan, produksi squalane dari hati ikan hiu pun perlahan dihentikan.

Hingga para ahli kecantikan pun menemukan sumber lain untuk menghasilkan squalane yang bermanfaat baik bagi kecantikan. Yaitu, dari olahan tanaman, seperti zaitun, tebu, biji gandum, dan biji padi.

Apa yang terjadi ketika senyawa squalane di dalam tubuh berkurang?

Beberapa masalah kulit yang muncul diantaranya: warna kulit akan terlihat kusam, kering, dan mudah kasar. Kulit pun akan rentan dengan paparan negatif sinar UV.

Apa manfaat yang dihasilkan oleh squalane dari olahan zaitun, tebu, biji gandum dan padi?

Semua squalane yang dihasilkan dari tanaman-tanaman di atas memiliki manfaat yang sama. Pertama, untuk melembabkan kulit. Kedua, menghaluskan kulit. Ketiga, membuat warna kulit lebih cerah. Keempat, melindungi kulit dari paparan jahat sinar UVA dan UVB. Kelima, meminimalisir garis-garis halus, termasuk untuk perawatan kulit area mata.

 

BACA JUGA: 

Jade Roller, Tren Facial Batu Giok untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit Wajah

Tak Hanya dari Luar, Rawat Kulit dari Dalam dengan 4 Vitamin Ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading