Ternyata, Makeup Juga Bisa Jadi Salah Satu Pemicu Kanker Kulit

Arisa Mukharliza22 Mei 2018, 13:30 WIB

Jakarta Membuat penampilan terlihat lebih segar, meningkatkan rasa percaya diri, menjadi dua dari sekian banyak alasan mengapa makeup saat ini rasanya sudah menjadi kebutuhan primer. Namun, di luar dari fungsi makeup yang menggiurkan, kita pun harus cerdas saat menggunakannya.

Memperhatikan masa pemakaian atau kadaluarsa makeup salah satunya. Hal ini penting untuk kita perhatikan dan berlaku untuk semua alat makeup, entah itu foundation, eyeshadow, lipstik, eyeliner, maskara, memperhatikan masa berlaku adalah wajib. Mengapa?

Pasalnya, jika kita meremehkan masa pemakaian makeup yang sehari-hari kita gunakan, resiko terburuk akan berdampak pada kesehatan kulit, yakni kanker. Well, untuk menghindari resiko buruk ini, pentinh untuk diketahui adalah mengenal tanda-tanda makeup yang sudah tidak layak lagi untuk digunakan. Apa saja?

Makeup Mata: Maskara, Eyeliner, Eyeshadow

Makeup mata seperti maskara, eyeliner, eyeshadow, lebih mudah terkena bakteri daripada alat makeup lain. Tanda-tanda makeup mata sudah terkena bakteri, meski belum melewati masa pemakainnya adalah mata merasa gatal, kemerahan, dan bengkak.

Makeup Bibir: Pewarna bibir dengan segala jenis tekstur.

Alat makeup yang sering diabaikan masa pemakainnya adalah lipstik. Jika kita menemukan tanda: bibir terasa panas, iritasi, gatal, kering bahkan sampai melepuh, artinya kita harus segera menghentikan pemakaian pewarna bibir yang kita gunakan.

Makeup Wajah: Primer, foundation, blush on, powder

Kulit merasa gatal, muncul flek hitam, muncul ruam berwarna merah di beberapa titik wajah, muncul titik hitam menyerupai jerawat/tahi lalat, menjadi tanda jika makeup wajah yang kita gunakan mungkin berlebihan. Mengapa? Primer, foundation, dan powder, adalah alatmakeup yang di dalam kandungannya sering terdapat bahan-bahan kimia berbahaya, seperti lead, logam berat, paraben, fragrance, phthalates dan ethoxylated. Oleh karena itu, memperhatikan dengan baik kandungan makeup yang akan kita beli pun menjadi hal yang juga penting.  

 

BACA JUGA: 

Sudah Tahu Manfaat Kopi untuk Lawan Kanker Kulit?

3 Minuman Fermentasi Ini Banyak Diincar untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh