Tak Baik Bagi Kesehatan, Waspadai 4 Kandungan Berbahaya di Produk Kecantikan

Monica Dian26 Jun 2018, 14:45 WIB
fimela

Fimela.com, Jakarta Apa saja pertimbangan pribadi saat membeli produk kecantikan? Kepopuleran, kemasan, branding, atau melihat endorsement selebriti? Apapun itu, pastikan tidak mengesampingkan komposisi bahannya. Karena cukup banyak produk kecantikan yang masih mengandung bahan-bahan berbahaya. Apalagi nama-nama bahan tersebut kurang familiar di telinga, sehingga sulit menentukan bahan kimia yang tak baik bagi kesehatan tubuh. Mari pelajari bersama komposisi bahan pada produk kecantikan yang sebaiknya kita hindari.

Paraben

Bahan yang sering kita dengar ini berperan sebagai pengawet pada produk-produk perawatan. Bahayanya yang dapat dapat mengganggu fungsi hormon ini sudah diwaspadai oleh brand kecantikan. Tidak heran bila sekarang ini banyak produk kecantikan yang tidak memasukkan bahan ini pada komposisinya.

Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

Sering ditemukan pada maskara dan produk pembersih wajah, SLS dapat menyebabkan iritasi kulit. Saat ini belum diketahui efek jangka panjang dari bahan kimia ini. Namun yang pasti, SLS berpotensi mengakibatkan gangguan kesehatan.

Methylisothiazolinone

Inilah penyebab munculnya jerawat, kemerahan, dan iritasi kulit. Bahkan bahan kimia ini erat kaitannya dengan reaksi alergi. Hasil penelitian laboratorium juga menyebutkan bahan ini bersifat neurotoksin, toksin yang beraksi di sel saraf.

Bahan-bahan Berbahaya Lainnya

Baca label kemasan dan hindari nama bahan-bahan ini: imidazolidinyl urea, propylene glycol, triclosan, dan formaldehyde.

 

Yang paling aman tentu saja memilih produk kecantikan organik. Tapi tunggu dulu. Berlabel organik belum tentu benar-benar organik. Meski hanya mengandung 1% bahan organik, sebuah produk masih bisa dikatakan organik. Jadi, memang harus benar-benar mempelajari seluk beluk brand dan produk kecantikannya agar tak ragu apakah benar organik atau tidak. Beberapa brand kecantikan organik yang patut dilirik antara lain Tata Harper, RMS Beauty, Skin Dewi, Spoil Organics, dan Sensatia Botanicals.