Perawatan Kulit Bagi Si Kulit Gelap di Musim Panas

Annissa Wulan12 Juli 2018
Ilustrasi, image: Windy Sucipto

Jakarta Semakin gelap warna kulit seseorang, maka ia lebih terlindungi dari sinar matahari? Ini salah besar. Kulit gelap memang lebih terlindungi dari sinar matahari, namun perlindungan itu sendiri tidak sempurna. Menurut para ahli, bahkan seseorang dengan kulit yang sangat gelap masih harus menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30. Yang artinya, di musim panas, segala macam jenis kulit tetap butuh proteksi lebih.

Kulit gelap justru lebih rentan terhadap masalah kulit lainnya, seperti warna kulit yang tidak merata dan timbulnya jerawat. Dilansir dari sheknows.com, Kamis (12/7/2018), berikut ini adalah beberapa tips perawatan kulit bagi yang berkulit gelap di musim panas.

1. Menggunakan asam glikolat

Untuk yang memiliki kulit gelap, gunakan produk pembersih dengan kandungan asam glikolat. Ini akan membantu mengelupas, tanpa mengeringkan kulit, karena sifat humektannya.

 

Kecantikan
Ilustrasi kecantikan pakai pelembap (iStockphoto)

2. Hindari pengelupasan dan perawatan laser

Kulit gelap lebih rentan terhadap hiperpigmentasi, terutama bila mencampurkan beberapa bahan kimia, dan laser. Sebagai gantinya, lakukan eksfoliasi asam satu kali dalam seminggu, yang cukup lembut untuk membersihkan kulit dan mendorong produksi kolagen secara alami.

3. Perbanyak konsumsi vitamin C

Jadikan vitamin C sebagai sahabat Anda, terutama saat musim panas. Antioksidan di dalam vitamin C akan membantu mempertahankan warna kulit tetap merata dan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan polusi saat berkegiatan di luar ruangan.

Ilustrasi wanita cantik
Ilustrasi wanita cantik (iStockphoto)

4. Jadikan masker dan pelembap hidrat sebagai bagian dari rutinitas kecantikan

Selama musim panas, kulit berkeringat berarti kehilangan hidrasinya, inilah mengapa penting untuk menggunakan produk perawatan kulit yang dapat menghidrasi dengan baik. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terasa kenyal dan lembut.

5. Rutin menggunakan face oil

Kekeringan dan ketidakrataan warna kulit akan semakin memburuk jika tidak diatasi dengan baik. Face oil dapat membantu menjaga kelembutan dan memberikan kilau pada kulit.

Sumber: liputan6.com

Komentar 0