Macam-Macam Kandungan di Skincare yang Harus Dihindari Kulit Sensitif

Arisa Mukharliza17 Jul 2018, 16:05 WIB
Skincare Tips: Sensitive Skin / Image: Shutterstock

Fimela.com, Jakarta Selain menggunakan produk anjuran dari dokter, kita juga dapat memilih produk yang dijual bebas di pasaran. Tetapi, karena kondisi kulit cukup serius untuk ditangani, menggunakan produk bebas pun harus lebih diperhatikan. Ada beberapa kandungan di dalam produk kecantikan yang mungkin tidak cocok saat digunakan di kulit. Ini lah yang menyebabkan masalah kulit muncul,

Agar tidak salah dalam membeli produk, berikut beberapa kandungan yang harus kita hindari.

No – Exfoliant

Biasa terdapat di pembersih wajah, toner, dan pelembab. Untuk jenis kulit sensitif, hindari skincare yang mengandung zat eksfoliasi. Kandungan ini akan membuat kulit wajah menjadi iritasi, dan biasanya tampak kemerahan. Sebaiknya, gunakan skincare yang mengandung bahan alami, seperti aloe vera yang berfungsi sebagai anti iritasi.

No – Alcohol

Kandungan ini sering terdapat di dalam toner atau penyegar wajah. Produk yang mengandung alkohol, akan sangat cepat bereaksi terhadap kulit sensitif. Sebaiknya gunakan produk yang mengandung ekstrak buah-buahan atau bunga seperti rose dan lavender.

Soap Free, and yes to mild!

Membersihkan wajah memang menjadi ritual penting yang wajib ada di dalam rutinitas kecantikan. Pilihlah pembersih wajah yang tidak mengandung sabun (soap free) dan tidak berbau. Semakin lembut tekstur pembersih wajah yang digunakan, akan semakin baik untuk kulit wajah.

Zinc for sun screen is a must! Cara paling ampuh untuk menghindari paparan sinar matahari langsung ke wajah adalah menggunakan sun screen. Pilih sunscreen yang mengandung zinc, karena kandungan ini berfungsi untuk mencegah iritasi kulit dari sengatan panas matahari langsung.

And last but not least, saat menggunakan air untuk membersihkan wajah, sebaiknya gunakan air yang bersuhu normal. Penggunaan  air panas dan dingin tidak dianjurkan untuk jenis kulit ini. Karena reaksi suhu ekstrim dari kedua air tersebut dapat memicu kulit menjadi iritasi dengan cepat. Kulit tampak kemerahan biasanya akan muncul di beberapa bagian seperti di bagian hidung, pipi, dan dagu dan kening.