Sukses

Beauty

Pro Kontra Eyelash Extension: Amankah untuk Kesehatan Mata?

Fimela.com, Jakarta "I woke up like this"--kalimat ini seperti sudah menjadi tag line bagi kita perempuan pengguna bulu mata palsu panjang, lentik, tebal namun bersifat sementara, eyelash extension. Tren bulu mata ini kerap mencuri perhatian kita yang ingin memiliki penampilan bulu mata ekstra, tanpa harus effort menggunakan eyes makeup tools, seperti penjepit bulu mata dan maskara. 

Lainnya, ekstension bulu mata dapat menghemat waktu, tenaga, dan menghemat biaya belanja makeup. Praktisnya, setiap hari kita pun tidak perlu ribet merias mata menggunakan eyeliner dan eyeshadow. Cukup memiliki bulu mata panjang dan tebal, itu sudah membuat penampilan on-point. 

Nah, argumen di atas akan banyak kita dengar jika bertanya pada perempuan yang pro pada tren ekstension bulu mata ini. Untuk perempuan lainnya yang kontra atau pun ragu dengan teknologi kecantikan ini, sering menjadi pertanyaan; amankah melakukan ekstension bulu mata? mengingat tren kecantikan ini cukup instan dan praktis, bagaimana dengan kesehatan bulu mata alami dan area kulit?

Menjawab pertanyaan di atas, dari pengalaman tim beauty FIMELA yang pernah mencoba ekstension bulu mata, ini beberapa jawaban yang FIMELA temukan. Untuk tim pro-ekstension bulu mata, ya! FIMELA setuju dengan kepraktisan yang ditemukan ketika memilih melakukan ekstension bulu mata. Namun, begitu mencoba, pertanyaan dari tim kontra pun turut FIMELA temukan. Aman kah melakukan ekstension bulu mata untuk kesehatan bulu mata alami dan area kulit? Find the answers below. 

Arisa Mukharliza - Beauty Editor

Poin (+) Ekstension Bulu Mata

Menghemat waktu makeup di pagi hari. Untuk perempuan yang suka menggunakan less-makeup ke kantor, ekstension bulu mata sangat membantu untuk membuat penampilan terlihat lebih fresh, khususnya area mata. Meski mata terlihat lelah, bulu mata yang panjang dan tebal membantu memberi ilusi mata terlihat segar, meski tidak menggunakan eyeshadow, eyeliner dan maskara. 

Poin (-) Ekstension Bulu Mata

Bulu mata alami mudah rontok? Saya menemukan kebalikannya, justru yang mudah rontok adalah bulu mata ekstension. Tidak sampai 1 bulan, bulu mata yang tebal terlihat lebih tipis. Berkurangnya jumlah bulu mata ekstension yang tidak sampai 1 bulan, itu membuat penampilan mata tidak nyaman dilihat. Alhasil, aplikasi maskara harus kembali digunakan untuk memberi efek bulu mata terlihat tebal. Aplikasi maskara pun bermanfaat untuk menutupi ruang kosong akibat bulu mata rontok. 

Untuk kesehatan mata?

Semua kembali lagi pada kebiasan kita. Selama menggunakan bulu mata palsu temporari ini, hindari kebiasan memegang bulu mata dengan jari. Jika jari kita tidak bersih saat menyentuh bulu mata, maka bakteri akan menempel di bulu mata dan mengakibatkan kulit area mata terasa gatal. The point is, kebersihan bulu mata, area kulit mata, dan bagian tubuh lainnya sangat lah penting untuk dijaga. 

Ratih Riandari - Marketing Communication 

Poin (+) Ekstension Bulu Mata

Untuk kita yang tidak punya waktu untuk berlama-lama di depan cermin untuk makeup, ekstension bulu mata adalah amunisi keluar rumah yang paling tepat. Ekstension bulu mata pantas disebut juga sebagai beauty hero. Untuk kita yang memiliki waktu padat di kantor, dan sering lembur, rasanya tidak perlu khawatir dengan penampilan wajah yang terlihat lesu. Meski lipstik dan blush on sudah luntur, tapi penampilan mata masih tetap maksimal. 

Poin (-) Esktension Bulu Mata

Perawatan bulu mata menjadi esktra lebih ribet. Misal, saat membersihkan wajah. Kita harus lebih hati-hati membersihkan area mata. Pertama, tidak boleh dikucek, harus dibersihkan dengan lembut jika tidak ingin bulu mata rontok dan menimbulkan iritasi. Lainnya, setiap bangun tidur, tag line "I woke up like this" hanya berlaku untuk 1 minggu. Sisanya, bulu mata terlihat berantakan. Jadi harus sering disisir, seperti rambut biar tidak messy. 

Untuk kesehatan mata?

Bulu mata mudah rontok, kulit area kulit mata terasa gatal, itu terjadi "biasanya" karena lem perekat bulu mata yang kurang berkualitas. Jadi, sebaiknya kita jangan asal memilih klinik atau salon kecantikan ekstension bulu mata. Jangan mudah tergiur dengan harga service yang murah. Mencari tahu review klinik/salon kecantikan yang akan kita kunjungi terlebih dulu, itu akan sangat membantu menghindari resiko bulu mata alami rontok, botak, dan kulit area mata gatal-gatal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading