Tips menghilangkan bekas jerawat membandel

Annissa Wulan01 Okt 2018, 10:30 WIB
20151013-Ilustrasi Jerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat bukan masalah sederhana, semua orang mengaku pernah memiliki masalah jerawat membandel. Selain itu, bekas jerawat juga cenderung sulit dihilangkan.

Namun, jangan khawatir, dilansir dari thelist.com, Senin (1/10/2018), berikut ini adalah beberapa tips menghilangkan bekas jerawat membandel. Penasaran bagaimana?

1. Perawatan topikal

Sebenarnya ada banyak perawatan yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu menyamarkan bekas jerawat. Pertama, kemerahan paska jerawat bisa bertahan lebih lama karena terpapar sinar matahari, inilah pentingnya menggunakan tabir surya secara rutin.

Jika kemerahan digunakan dengan area gelap, kulit membutuhkan produk pencerah. Pilihlah produk dengan kandungan yang ringan, seperti vitamin C, vitamin A, asam kojic, dan arbutin.

Tidak perlu bingung dengan banyaknya pilihan produk, para ahli percaya bahwa tabir surya dan produk berbasis silokon dapat sangat membantu mengurangi penampilan bekas jerawat. Pernah coba?

 

 

Micro-needling dan derma roller

Ilustrasi wanita cantik
Ilustrasi wanita cantik (iStockphoto)

2. Micro-needling

Micro-needling menggunakan alat seperti tongkat dengan 11 jarum yang sangat kecil di ujungnya. Dokter kulit dapat menyesuaikan ketinggian jarum berdasarkan tingkat kulit dan jaringan parut yang terbentuk.

Micro-needling dilakukan untuk membuat ribuan luka kecil mikroskopis di kulit guna menginduksi pembentukan koalgen. Lama dan banyaknya perawatan akan dianjurkan berdasarkan area yang dirawat dan hasil yang diinginkan.

3. Derma roller

Derma roller bisa dipesan melalui online untuk digunakan di rumah maupun di kantor. Penggunaan derma roller dapat membantu mengurangi munculnya jaringan parut jerawat yang tertekan.

Namun, beberapa dokter menyarankan untuk lebih waspada karena penggunaan derma roller dapat membuat kulit lebih rentan terhadap infeksi dan lebih banyak jaringan parut. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Pengelupasan kimia dan terapi laser

Ilustrasi wanita cantik
Ilustrasi wanita cantik (iStockphoto)

4. Pengelupasan kimia

Cara populer lainnya untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan pengelupasan kimia, menggunakan bahan kimia untuk menghilangkan lapisan atas kulit. Rata-rata tiga hingga empat perawatan pengelupasan kimia dibutuhkan untuk dilakukan setiap tiga hingga enam minggu.

5. Terapi laser

Terapi laser adalah jenis perawatan yang efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. Ada beberapa jenis terapi laser yang dapat digunakan, tergantung tingkat keparahan, jaringan parut yang terbentuk, waktu henti, dan biaya.

Lanjutkan Membaca ↓