Sukses

Beauty

Penyebab utama penuaan dini yang harus dihindari

Fimela.com, Jakarta Pertambahan usia tak bisa dicegah, tapi penuaan dini pada kulit bisa dihindari. Usia boleh menua, tapi kulit harus selalu muda. Dengan perawatan yang tepat, semua hal tersebut bisa terwujud kok!

Selain melakukan perawatan antipenuaan yang baiknya dimulai sejak usia 20-an, penuaan dini juga bisa dihindari dengan menjauhi sumber-sumber penyebabnya.

Apa saja sumber penyebab penuaan dini tersebut? Simak di bawah ini!

1. Paparan sinar matahari

Matahari memiliki banyak zat yang membahayakan bagi kulit. Dalam jangka panjang, paparan sinar matahari langsung bahkan dapat menyebabkan kanker kulit. Matahari juga dapat memicu kerusakan sel kulit sehingga kulit sulit beregenerasi. Kegagalan beregenerasi itulah yang kemudian mengakibatkan penuaan dini.

Untuk mencegahnya, disarankan untuk selalu mengaplikasikan krim tabir surya setiap hari, terutama bagi yang selalu beraktivitas di luar ruangan.

2. Merokok

Tak hanya membahayakan pernapasan, rokok ternyata juga memberi dampak langsung pada kulit manusia. Dalam sebatang rokok terkandung ribuan bahan kimia yang dapat merusak serat elastin dan kolagen alami pada kulit, sehingga membuatnya kendur dan berkerut.

 

3. Stres

Banyak yang bilang stres bisa bikin cepat tua. Well, itu benar adanya! Stres, terutama dalam kategori kronis, membuat seseorang memiliki DNA yang lebih pendek. Sel kulit pun jadi cepat rusak dan bahkan mati. Itulah mengapa kulit para perokok tampak kurang sehat.

4. Makanan tidak sehat

Apa yang kita makan tentu saja akan berdampak pada kondisi kulit. Misal, konsumsi gula olahan, karbohidrat dan lemak berlebih dapat membuat kulit mengalami peradangan dan tampak pucat. Terlalu banyak mengonsumsi junkfood juga akan membuat kulitmu tampak tua lebih cepat dari yang seharusnya.

Memiliki kulit yang sehat dan awet muda barangkali memang impian setiap perempuan. Namun, apalah impian tanpa upaya untuk mewujudkannya. So, lakukan upaya untuk mewujudkan impianmu memiliki kulit awet muda sedini mungkin, salah satunya dengan rajin merawat dari luar maupun dari dalam. Konsumsi makanan dan minuman sehat, rajin berolahraga dan rutin menggunakan skincare adalah beberapa hal yang bisa segera dilakukan.

*Jangan lewatkan Fimela Fest 2018 'Back to Youth' pada tanggal 16-18 Novenmber 2018 di Gandaria City, Jakarta.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading