3 bahan alami hilangkan flek hitam pada wajah

Nabila Mecadinisa08 Okt 2018, 15:00 WIB
3 produk alami hilangkan flek hitam pada wajah

Fimela.com, Jakarta Selain jerawat, flek hitam menjadi salah satu diantara sekian banyak problematika kulit yang membuat tampilan kulit jadi kurang optimal. Flek hitam pada wajah atau dikenal dengan istilah hiperpigmentasi, timbul diakibatkan oleh banyak faktor. Penyebabnya pun beragam, mulai dari bekas jerawat, paparan sinar UV, perubahan hormon, dan hal lainnya yang menjadikan tampilan kulit tidak mulus lagi.

Untuk menghilangkannya, tentu bukan perkara mudah. Dibutuhkan perawatan yang memakan waktu sehingga tampilan flek hitam pada kulit memudar. Atau, jika ingin lebih cepat hasilnya, maka perawatan yang didukung dengan teknologi seperti laser bisa jadi solusi lainnya.

Walaupun banyak solusi yang menawarkan kemampuan untuk memudarkan flek hitam pada wajah, yang pasti produk berbahan kimia tersebut akan memiliki risiko beragam, mulai dari risiko maksimal hingga risiko kecil.

Jika mau bersabar dan menempuh cara yang lebih aman, seperti yang dilansir dari mbglifestyle.com, terdapat beberapa jenis bahan alami yang bisa membantu mengatasi flek hitam pada wajah. Apa saja?

Bahan alami atasi flek hitam

3 produk alami hilangkan flek hitam pada wajah
Flek hitam mengganggu penampilan? Atasi dengan cara alami berikut ini. (Foto: Unsplash)

1. Lemon

Kadar vitamin C tinggi dalam lemon membuat bahan alami yang satu ini kerap digunakan pada formula produk kecantikan. Bahkan kandungan vitamin C inilah yang membantu mencerahkan bintik hitam pada kulit. Kadar asal dalam lemon menjadi agen pemutih alami dan membantu mengatasi perubahan warna pada kulit.

Tapi, pastikan untuk menghindari sinar matahari saat sedang menggunakan lemon. Mengingat lemon memiliki sifat yang sensitif terhadap sinar matahari.

2. Bawang bombay

Walaupun memiliki aroma yang kurang sedap, namun ternyata bawang bombay kaya akan kandungan asam tinggi yang dapat membantu menyamarkan flek hitam pada wajah.

Untuk mengaplikasikannya juga terbiang mudah. Cukup lembutkan bawang hingga hancur dan gunakan sarinya menggunakan cotton bud dan oleskan pada area flek yang ingin dihilangkan dan diamkan selama 10 - 15 menit sebelum membilasnya dengan air.

3. Lidah buaya

Lidah buaya juga mampu meminimalisir tampilan flek hitam pada wajah. Aplikasikan gel lidah buaya setiap hari sebagai masker wajah agar perlahan flek di kulit semakin memudar.

Lanjutkan Membaca ↓