Tips menghilangkan bau mulut

Annissa Wulan10 Okt 2018, 06:30 WIB
Ilustrasi bau mulut

Fimela.com, Jakarta Tentu tidak ada orang yang ingin memiliki masalah dengan bau mulut. Bau mulut tidak hanya disebabkan dari makanan yang dikonsumsi, namun juga kebiasaan dan gaya hidup yang dilakukan sehari-hari, seperti merokok.

Dilansir dari purewow.com, berikut ini adalah beberapa tips menghilangkan bau mulut. Sudah pernah coba yang mana?

1. Memeriksa kesehatan mulut

Menyikat gigi dua kali dalam sehari adalah keharusan yang tidak bisa dibantah lagi. Sangat penting untuk menyikat gigi sebelum tidur.

Tidak menyikat gigi sebelum tidur tidak akan memberikan kelembapan di mulut. Tanpa kelembapan di mulut, bakteri akan menumpuk di lidah, gusi, dan pipi, menghasilkan bau mulut atau bau nafas yang buruk.

2. Mengganti produk yang digunakan

Hindari produk apapun yang bisa mengeringkan mulut, seperti mencuci mulut dengan alkohol atau menggunakan pasta gigi yang mengandung sodium laurel sulfate. Kedua bahan tersebut dapat mengeringkan selaput lendir dan menyebabkan kekeringan yang pada akhirnya membuat bau mulut.

 

Mengganti sikat gigi dan memeriksakan diri ke dokter gigi

Ilustrasi bau mulut (iStock)
Ilustrasi bau mulut (iStock)

3. Mengganti sikat gigi

Penyebab tak terduga lainnya dari bau mulut adalah sikat gigi. Ubahlah sikat gigi setiap dua hingga tiga bulan sekali, terutama jika penyakit seperti pilek dan flu mulai berdatangan.

4. Periksa ke dokter gigi

Jika bau mulut tidak juga hilang, periksakan keadaan ini ke dokter gigi atau profesional. Seorang profesional dapat membantu menentukan dari mana asal bau mulut tersebut.

Bau mulut bisa menjadi indikator dari masalah kesehatan lainnya, seperti infeksi saluran pernafasan, infeksi sinus kronis, diabetes, masalah hati, atau ginjal. Sudah periksakan masalah bau mulut ke dokter gigi?

Lanjutkan Membaca ↓