Hormon, stress, alergi, 3 alasan utama pemicu bruntusan di wajah?

Arisa Mukharliza09 Okt 2018, 19:30 WIB
FIMELA Beauty Tips / Image: Oladimeji Odunsi on Unsplash

Fimela.com, Jakarta Kulit wajah yang sedang dihinggapi bruntusan memang sangat menganggu. Tidak hanya membuat kulit wajah terlihat tidak sehat, kita pun bisa menjadi tidak percaya diri. Nah, sebelum kita mengeluh dengan bruntusan di wajah, ada baiknya kita kenali dulu apa yang menyebabkan bruntusan begitu ramah muncul di kulit wajah kita. 

Hormon tidak seimbang

Bukan hanya remaja, orang dewasa pun bisa mengalami ketidakseimbangan hormon. Penyebabnya pun beragam. Kondisi menjelang menstruasi, misalnya. Bruntusan akan sangat ramah muncul di kulit wajah kita. 

Stress

Tubuh kekurangan nutrisi, merupakan efek negatif yang dapat ditimbulkan oleh stres. Kok bisa? Saat kita mengalami stres, pikiran tidak fokus, alhasil kinerja tubuh pun akan terganggu. Kulit yang kekurangan nutrisi memungkinkan masalah kulit akan mudah muncul. Bruntusan, jerawat, kulit memerah, kulit kering, produksi minyak semakin aktif, dan masih banyak lagi. 

Alergi

Alergi di kulit wajah bisa muncul dari sesuatu yang kita konsumsi. Sederhananya makanan manis atau pedas adalah jenis makanan yang dapat memberi reaksi negatif pada kulit, khususnya kulit sensitif. Reaksi alergi kulit ini dapat muncul dalam bentuk bruntusan. Jadi, selain harus cerdas memilih skincare sesuai kulit, bijak memilih makanan yang dikonsumsi pun penting untuk kita ketahui.