Cari tahu penyebab dan solusi alergi di kulit wajah

Arisa Mukharliza09 Okt 2018, 16:00 WIB
Penyebab Alergi di Wajah / Image: Shutterstock

Fimela.com, Jakarta Wajah merupakan bagian tubuh yang sering mendapat sorotan mata. Karena sering menjadi pusat perhatian, wajar saja jika kita menaruh rasa peduli untuk memerhatikan penampilannya. Bayangkan jika tiba-tiba muncul masalah kulit di wajah? Panik?--pun mungkin akan alami. 

Masalah di wajah tidak selamanya soal jerawat. Alergi di kulit wajah yang bisa dialami oleh siapa saja, pun dapat menganggu kesehatan kulit wajah kita. Pasalnya, alergi kulit wajah dapat muncul tiba-tiba. Entah itu dari makanan yang kita konsumsi, udara, debu, dan polusi, atau kebiasaan kita menyentuh wajah dengan tangan yang tidak higienis. 

Bentuk alergi di wajah ini pun beragam. Muncul bintik-bintik merah seperti bruntusan atau ruam merah berukuran kecil hingga besar di beberapa titik wajah. Dan jika tidak diobati segera, kulit bisa iritasi dan sisa alergi meninggalkan bekas berwarna hitam. It's a big NO! 

Nah, sebelum itu terjadi, penting kiranya untuk mengetahui apa yang harus dilakukan ketika alergi muncul di wajah? Dan bagamana cara mengatasinya? Find the answers below. 

 

Penyebab Alergi Wajah

Penyebab Alergi di Wajah / Image: Shutterstock
Penyebab Alergi di Wajah / Image: Shutterstock

Kondisi Udara dan Lingkungan 

Siang hari merupakan waktu paling tricky untuk kulit wajah, khususnya kita yang memiliki kulit sensitif. Tingginya intensitas panas matahari, debu, dan polusi menjadi pemicu alergi muncul di wajah. 

Solusi? 

Di siang hari atau saat berada di luar ruangan, kita dapat menggunakan masker wajah. Selain berfungsi untuk kesehatan tubuh, masker wajah pun dapat melindungi wajah dari paparan langsung debu dan polusi. Lainnya, selalu gunakan sunscreen yang memiliki teknologi anti-polutan. Jenis sunscreen ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan kulit wajah kita yang tinggal di negara tropis,--yang sering terpapar radikal bebas. 

Tubuh Kurang Asupan Nutrisi

Kebiasaan hidup sehat yang mulai sering diabaikan. Di tengah padatnya aktivitas kerja, asupan nutrisi tubuh harus tetap dipenuhi. Tubuh yang kekurangan asupan nutrisi mudah dihinggapi sumber penyakit.

Solusi?

Untuk melindungi kulit dari alergi, kita dapat mengonsumsi vitamin D. Jenis vitamin ini tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, namun dapat juga mempertahankan imunitas tubuh agar tidak mudal alergi. Selain vitamin D, kita juga dapat memenuhi nutrisi dari buah-buahan dan sayuran yang kaya akan serat. 

Makeup dan Skincare yang Tidak Sesuai dengan Kulit Wajah 

Makeup dan skincare yang memberi hasil sempurna di kulit wajah seseorang, belum tentu memberi hasil yang sama juga di kulit wajah kita. Khususnya untuk tipe kulit sensitif. Kita harus ekstra hati-hati dan lebih cerdas memutuskan makeup dan skincare yang akan digunakan. 

Solusi? 

Berlaku untuk tipe kulit sensitif. Untuk melindungi kulit wajah dari serangan alergi, ada baiknya jika kita melakukan konsultasi dengan dokter ahli saat memilih skincare atau menggunakan makeup harian. Untuk tipe kulit lainnya, perhatikan ingredients makeup dan skincare itu penting. Saran FIMELA, sebaiknya hindari produk kecantikan yang mengandung bahan kimia; merkuri, paraben, hidrokinon, alkohol dan fragrance. 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓