Sukses

Beauty

3 masker alami untuk kecilkan pori-pori wajah

Fimela.com, Jakarta Memiliki pori-ppori wajah besar merupakan masalah tersendiri. Meski pori-pori tersebut dalam skala kecil dari seluruh tubuh, namun tetap saja rasanya seluruh penampilan ikut terganggu!

Mengatasi masalah pori-pori besar ini juga susah-susah gampang, rasanya makeup saja tak cukup. Butuh treatment khusus untuk mengecilkan pori-pori wajah. Jika ingin dengan cara alami dan pastinya biaya yang tak menguras dompet, pakai saja masker alami untuk mengecilkan pori.

Tiga resep masker alami untuk mengecilkan pori-pori wajah di bawah ini mudah banget ditiru di rumah, tinggal sesuaikan saja dengan jenis kulit. Yuk, ditiru!

Masker lidah buaya, timun, dan brown sugar

Hancurkan timun sampai halus, lalu campur dengan lendir lidah buaya asli dari daunnya dengan skala 50:50 antara keduanya. Tambahkan brown sugar, perkirakan jumlahnya agar adonan tetap kental dan agak kasar, ya! Aduk sampai tercampur rata, lalu oleskan ke wajah sambil dipijat ringan. Setelah 15-30 menit, baru bilas dengan air suhu ruangan.

Timun dan lidah buaya ampuh untuk mengurangi minyak dan menutup luka atau pori-pori. Sementara fungsi brown sugar adalah mengangkat sel kulit mati, kotoran, serta sisa minyak yang menyumbatnya. Masker ini cocok untuk kulit wajah yang sensitif.

 

Masker putih telur, madu, dan lemon

Mungkin sudah banyak yang bilang kalau putih telur ampuh banget untuk mengecilkan pori. Yap, itu benar kok! Cara buatnya, pisahkan putih telur dari kuningnya dan cocok sampai berbuih. Campur dengan 1 sdt madu dan beberapa tetes perasan lemon sampai adonannya mengental. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 30 menit agar meresap. Setelah itu, bersihkan dengan sabun.

Tambahan madu dan lemon berfungsi sebagai antibakteri yang mampu mengatasi jerawat dan mengontrol minyak berlebih.

Masker cuka apel, baking soda, dan tomat

Hati-hati, bahan-bahan ini berisiko menimbulkan iritasi. Jangan pilih bahan ini jika jenis kulitmu termasuk sensitif, ya! Namun jika kulitmu cenderung normal, siapkan saja 1 sdt cuka apel, 1/2 cangkir bubuk baking soda, serta irisan satu buah tomat segar yang telah dilumatkan. Campur semua bahan sampai rata, oleskan ke wajah lalu diamkan selama 20 menit baru bilas sampai bersih.

Baking soda dan cuka apel ampuh untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, minyak berlebih dan mengeluarkan racun yang menyumbat pori-pori. Sedangkan tomat berfungsi sebagai astringen alami yang baik untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah.

Bagaimana, sudah menemukan masker yang cocok untuk mengecilkan pori-pori?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading