Sukses

Beauty

5 jenis makanan yang dapat menimbulkan masalah kulit

Fimela.com, Jakarta Perkataan orang tentang "You are what you eat" itu 100% benar adanya. Apa yang tampak di tubuh kita dari luar bukan hanya hasil dari pulasan makeup atau pernak-pernik fashion, tapi juga representasi dari apa yang ada di dalam tubuh. Bukan, kita tidak berbicara tentang inner beauty, melainkan makanan yang dimakan sehari-hari.

Makanan adalah salah satu faktor pembentuk kondisi kulit. Sehat atau tidaknya kulit yang terbentuk, tergantung pada apa yang kamu telan. Reputasi kafein, lemak dan gorengan mungkin sudah tak diragukan sebagai penyebab jerawat. Tapi jangan lengah, sebab bukan hanya makanan tersebut yang menyebabkan masalah pada kulit.

Ada makanan yang jauh lebih berbahaya untuk kulit dibanding apa yang sudah disebutkan tadi, lho! Berikut di antaranya.

Biji-bijian dan gula olahan

Tak ada yang lebih merusak kulit dibanding makanan yang mengandung olahan karbohidrat. Soda, sari buah, dan kebanyakan minuman kemasan lain, jika dikonsumsi setiap hari dapat menyebabkan jerawat. Semua yang dibuat dengan tepung putih juga sama buruknya. Itu berarti roti, biskuit, kue kering dan pasta juga berbahaya buat kulit. Dilansir dari HerBeauty.co, orang yang mengonsumsi karbohidrat olahan 30% lebih rentan terkena masalah kulit dibanding yang tidak mengonsumsi produk tersebut. Jadi, berhati-hatilah.

 

Kedelai tiruan

Kedelai seharusnya menjadi makanan yang baik bagi tubuh, namun seiring banyaknya modifikasi genetis pada kedelai, alangkah baiknya lebih berhati-hati dalam mengonsumsi kedelai sebelum memastikan apa yang dikonsumsi tersebut merupakan kedelai asli; bukan tiruan. Fitoestrogen dalam kedelai akan meniru kerja estrogen dalam tubuh sehingga menyebabkan ketidakseimbangan hormon, pada akhirnya kulit pun akan terkena dampaknya.

Produk dairy

Banyak ahli setuju bahwa susu tidak menyebabkan permasalahan kulit secara langsung, namun tetap memegang peran penting dalam kesehatan kulit. Susu dapat memicu peradangan pada organ dalam tubuh juga pada kulit.

Makanan pedas

Para ahli menghubungkan inflamasi yang terjadi pada kulit dengan suhu panas tubuh yang tercipta saat mengonsumsi makanan pedas. Dengan kata lain, mengonsumsi makanan pedas dapat memperparah masalah kulit yang ada.

Daging olahan

Daging olahan memiliki kadar natrium yang tinggi dan itu merupakan pantangan besar jika kamu menginginkan kulit yang sehat. Daging olahan dapat menyebabkan retensi air yang membuat wajah membengkak. Daging olahan juga mengandung bahan pengawet yang mampu merusak kolagen. Lebih baik makan daging organik saja, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading