5 cara mudah membuat potongan rambut bertahan lebih lama

Annissa Wulan29 Okt 2018, 16:00 WIB
Ilustrasi rambut

Fimela.com, Jakarta Berapa lama potongan rambut bisa bertahan? Banyak orang hanya bisa mempertahankan potongan rambutnya sampai enam atau delapan minggu, benar?

Jika rambut selalu bermasalah memasuki minggu ke sembilan, sepuluh, atau sebelas, jangan khawatir, dilansir dari stylecaster.com, Senin (29/10/2018), berikut ini adalah beberapa cara mempertahankan potongan rambut lebih lama. Penasaran?

1. Lewati aturan 6 sampai 8 minggu

Jika rambut yang dimiliki relatif sehat, ujung dan tekstur rambut belum berubah, tunggulah hingga setidaknya 12 minggu. Potongan rambut yang tepat akan mempertahankan bentuknya lebih lama dari enam 6 atau 8 minggu.

Namun bagi rambut pendek, sehat, dan ingin mempertahankan panjang yang sama persis, aturan 6 sampai 8 minggu bisa diberlakukan. Aturan mana yang biasanya digunakan?

2. Dapatkan potongan rambut yang tepat

Aturan praktisnya, semakin pendek rambut, akan semakin sering dipotong untuk menjaga bentuknya. Sebaliknya, rambut panjang membutuhkan lebih banyak waktu untuk perawatan.

 

Melakukan penataan berdasarkan jenis rambut

Ilustrasi rambut
Ilustrasi rambut. Sumber foto: unsplash.com/Element5 Digital.

3. Tata berdasarkan jenis rambut

Untuk rambut bergelombang atau keriting, gunakan kondisioner di ujung rambut saat keluar kamar mandi. Saat sudah kering, acak rambut untuk membuat ikal atau gelombang rambut yang lebih sempurna.

Sedangkan untuk rambut lurus yang ingin diberi sentuhan gelombang, gunakan kondisioner, dan handuk. Aplikasikan kondisioner menggunakan sikat halus, kemudian bungkus dengan handuk.

Setelah kering, rambut akan memiliki gelombang yang bagus, tanpa kerusakan. Mencari tampilan yang lebih dramatis? Gunakan rol rambut.

4. Menggunakan masker rambut

Gunakan masker rambut satu sampai dua kali dalam seminggu. Cara ini akan menjaga kelembapan rambut.

5. Kurangi rutinitas mencuci rambut

Semakin aarang mencuci rambut, akan semakin banyak kelembapan yang bisa dipertahankan. Jika bisa, cobalah mencuci rambut hanya beberapa kali dalam seminggu dan beralihlah ke produk rambut yang lebih lembut untuk mengurangi penumpukan produk.

Lanjutkan Membaca ↓