Sukses

Beauty

Untuk detox wajah berjerawat, batasi konsumsi makanan ini

Fimela.com, Jakarta Tahukah kalau detox wajah berjerawat bisa dimulai dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari? Selain merawat kulit wajah secara teratur, penting juga menjaga pola makan sehat agar jerawat tidak muncul di wajah.

Untuk memaksimalkan usaha detox wajah berjerawat, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya kita batasi konsumsinya. Sebab ada jenis makanan tertentu yang bisa membuat jerawat makin parah atau memicu munculnya jerawat. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di sini.

1. Susu sapi

Dilansir dari annmariegianni.com, sebuah penelitian tahun 2010 menemukan kaitan antara susu sapi dan jerawat. Ada sejumlah teori yang mendukung hal tersebut. Salah satunya adalah susu sapi bisa meningkatkan gula darah yang berdampak pada meningkatnya risiko inflamasi. Kadar insulin pun bisa meningkat sehingga meningkatkan produksi minyak pada kulit (sebum). Sebenarnya boleh saja mengonsumsi susu sapi, tapi jangan sampai berlebihan ya.

2. Gula

Berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung gula juga bisa memicu munculnya jerawat. Kalau saat ini kita sedang dalam proses untuk detox wajah berjerawat, perlu sangat berhati-hati bila mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula. Coba batasi konsumsi gula selama beberapa hari dan lihat hasilnya kemudian.

3. Makanan dengan glikemik tinggi

Makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti roti, nasi, kue kering, dan keripik sebaiknya dibatasi. Sebagai gantinya, pilih makanan dengan indeks glikemik rendah, seperti memperbanyak sayur, kentang, dan mengganti nasi putih dengan beras merah atau ubi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan glikemik tinggi bisa memicu perubahan hormon dan inflamasi yang memicu jerawat.

4. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji dan berminyak bisa memicu inflamasi dan menyebabkan jerawat. Bila saat ini ingin menjaga kulit wajah agar bebas jerawat, kudu hati-hati dan sebaiknya hindari makanan cepat saji. Kalaupun mengonsumsi makanan tersebut, sesudahnya perlu diimbangi dengan memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi aneka buah-buahan segar.

Mengonsumsi sesuatu secara berlebihan pastinya akan memberi efek samping tersendiri. Dan khusus untuk usaha kita detox kulit berjerawat memang perlu berhati-hati agar tidak kebablasan atau berlebihan mengonsumsi jenis makanan yang disebutkan di atas. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading