Sukses

Beauty

5 Jenis masker tanah liat dan manfaatnya yang berbeda-beda

Fimela.com, Jakarta Tanah liat telah dimanfaatkan untuk beragam fungsi sejak ribuan tahun yang lalu, salah satunya adalah sebagai masker perawatan wajah.

Masker tanah liat dipercaya dapat menyerap kotoran yang menyumbat pori dan memperbaiki tekstur kulit bila diaplikasikan secara rutin.

Namun, masker tanah liat memiliki banyak jenis dan fungsinya masing-masing. Dilansir dari sheknows.com, Rabu (31/10/2018), berikut ini adalah beberapa jenis masker tanah liat dan manfaatnya.

1. Bentonite clay

Tanah liat ini sangat populer untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, salah satunya adalah jerawat. Karena kemampuan penyerapannya yang sangat baik, masker tanah liat ini sangat baik bagi kulit berminyak.

Jika dicampur dengan air, tanah liat ini juga bisa menyedot sisa polutan dari kulit wajah, seperti magnet. Tidak hanya jerawat, masker tanah liat ini dipercaya manjur mengatasi masalah kulit seperti psoriasis dan eksim.

2. Earth clay

Tanah liat yang satu ini terkenal berfungsi baik untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi. Jika dicampur dengan air mawar dan digunakan sebagai masker, tanah liat ini akan membantu meningkatkan sirkulasi.

Hati-hati bagi pemilik kulit kering, karena masker tanah liat ini bisa menyebabkan kulit semakin kering. Bagi kulit normal, jangan gunakan lebih dari satu kali dalam seminggu.

3. Kaolin clay

Tanah liat ini mungkin seringkali terlihat dalam beberapa warna berbeda, seperti putih, kuning, merah, dan merah muda. Tanah liat kaolin putih adalah yang paling lembut dan sangat bagus digunakan bagi si kulit kering hingga kulit sensitif.

Tanah liat kaolin kuning menyerap jauh lebih banyak dan mengelupas, namun masih cukup bagus digunakan bagi si kulit sensitif. Tanah liat kaolin kuning juga dapat meningkatkan sirkulasi untuk membuat kulit terlihat lebih cerah.

Tanah liat kaolin merah memiliki kemampuan menyerap yang paling besar, sehingga paling baik digunakan bagi si kulit berminyak. Sudah pernah coba masker tanah liat yang satu ini?

 

French green clay dan Rhassoul clay

4. French green clay

Tanah liat ini berfungsi untuk pengelupasan dan pengencangan pori-pori. Ketika digunakan sebagai masker, tanah liat ini akan juga akan membantu meningkatkan sirkulasi darah membuat tampilan kulit wajah yang lebih cerah dan segar.

5. Rhassoul clay

Sedangkan tanah liat yang satu ini dipercaya sangat sempurna untuk membersihkan semua kotoran, seperti penyumbatan sebum, komedo, dan minyak di sekitar akar rambut. Masker tanah liat ini cukup lembut untuk digunakan sehari-hari dalam dosis kecil, seperti sabun.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading