Sukses

Beauty

Jika skincare belum optimal redakan jerawat, coba konsumsi 4 jenis vitamin ini

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak ingin memiliki kulit bersih, mulus dan sehat tanpa flek hitam bekas jerawat? Tidak hanya itu saja, kita juga pasti ingin memiliki kulit yang terlihat lebih muda dari usia sebenarnya,--plus bebas jerawat. Setuju?

Untuk mendapatkan kulit impian tersebut, biasanya kita hanya fokus melakukan investasi pada skincare. Misal, cleanser, toner, serum, dan pelembap. Fungsi dari tiap varian skincare pun beragam. Dari mencerahkan, skincare khusus kulit berjerawat hingga untuk anti-aging, ada. 

Nah, dari pengalaman investasi wajah yang telah kita lakukan, menurut dermatolog, skincare saja ternyata tidak cukup. Agar investasi semakin maksimal, tubuh memerlukan asupan tambahan dari vitamin atau suplemen harian. Alasannya? Kandungan nutrisi dan mineral dari vitamin mampu membuat kulit lebih sehat dan tetap seimbang dari dalam. 

Apalagi untuk kita yang bermasalah dengan jerawat. Tambahan vitamin atau suplemen harian ini dipercaya sangat baik untuk meredakan jerawat. Kok bisa? Karena masalah kulit seperti jerawat penyebabnya tidak hanya dari kotoran seperti debu dan polusi, atau sisa makeup. Ketidakseimbangan hormon atau tubuh yang tidak mampu mengolah pembuangan racun di dalam tubuh pun dapat menjadi pemicu munculnya jerawat.

Lalu, vitamin apa saja yang bisa kita lirik untuk mendapatkan kulit cantik impian? Here they are! 

Selenium: baik untuk meredekan jerawat meradang

Selenium adalah mineral yang mengandung sifat anti oksidan, sangat baik untuk mencegah peradangan jerawat.  Jessica Gremley, seorang ahli estetika mengatakan “Sedikit saja selenium dan vitamin E sudah terbukti dapat memperbaiki jerawat, terutama bagi yang memiliki enzim gluthatione baseline rendah. Selain itu juga, menurut penelitian selenium bisa berfungsi untuk mengurangi peradangan pada jerawat, eksim dan psoriasis.

Zinc (Zat Besi): anti-inflamasi & meredakan jerawat iritasi

Menjelang menstruasi, beberapa perempuan sering mengeluhkan jerawat--yang muncul tiba-tiba. Menurut dermatolog, ketika kulit sedang mengalami "mood" menstruasi yang memicu munculnya jerawat (walaupun tidak banyak), sebaiknya segera konsumsi suplemen zinc. Jerawat yang disebabkan oleh hormon ini akan segera tenang dengan bantuan anti-inflamasi yang terdapat di dalam zinc. Selain bersifat untuk menenangkan jerawat, zinc pun dapat membantu regenerasi kulit dan menyamarkan noda bekas jerawat. 

Vitamin F: melancarkan perederan darah, meningkatkan produksi kolagen

Grapeseed oil, olive oil, walnut, biji bunga matahari, adalah beberapa sumber nutrisi dari vitamin F,--yang juga sering disebut sebagai "star ingredients" skincare. Sederhananya, vitamin F untuk tubuh berfungsi untuk mengoptimalkan sistem kerja tubuh. Dari melancarkan peredaran darah, membantu sel-sel tubuh melakukan regenerasi, hingga kulit terlihat lebih sehat dan cerah. 

Vitamin A: mencegah penumpukan kulit mati

Membersihkan wajah kurang maksimal menjadi salah satu pemicu jerawat. Karena sel kulit mati, kotoran dan minyak menyebabkan pori-pori tersumbat. Untuk mengatasi jerawat ini, coba konsumsi vitamin A yang berfungsi untuk mencegah menumpuknya sel kulit mati dan bekerja untuk mengurangi kemerahan juga pembengkakkan jerawat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading