Sukses

Beauty

4 Trik atasi kuku yang menguning, berani coba?

Fimela.com, Jakarta Apa tantangan terbesar dalam merawat kuku? Ya, kuku yang kuning, akibat penggunaan cat kuku terus menerus.

Selain itu, aseton pembersih cat kuku tidak benar-benar dapat menghilangkan warna gelap, membuat kuku justru terlihat kusam. Sebelum berbicara tentang cara mengatasinya, pahami dahulu apa yang sebenarnya membuat kuku kuning.

Dilansir dari sheknows.com, Selasa (6/11/2018), penyebab utama dari kuku kuning biasanya datang karena penggunaan cat kuku. Cara termudah untuk menghindari kuku yang kusam setelah penggunaan cat kuku berwarna gelap adalah dengan menggunakan lapisan dasar bening atau tanpa warna.

Selain itu, kuku juga perlu dirawat secara rutin, gunakan produk berkualitas yang mengandung jojoba atau squalene yang bisa melindungi kuku dari perwarnaan. Penyebab selanjutnya dari kuku kuning adalah tar dan nikotin dari rokok.

Cara terbaik untuk menghentikan kekuningan pada kuku adalah dengan berhenti merokok. Bukan karena dua hal di atas, mungkin ada faktor medis yang berperan, coba konsultasikan kepada dokter kulit.

Infeksi jamur adalah salah satu penyebab paling umum dari menguningnya kuku. Gejala lain adalah kuku yang mengelupas, menebal, bahkan terlepas.

Perubahan warna kuku bisa juga menjadi tanda sesuatu yang lebih serius, seperti penyakit tiroid, hati, dan paru-paru. Atau tubuh kekurangan nutrisi, seperti besi dan seng juga bisa membuat kuku kuning.

 

Beberapa cara mengatasi kuku kuning yang bisa dilakukan di rumaha

Lantas, bagaimana cara terbaik mengatasi kuku kuning? Berikut ini adalah beberapa tips selain menggunakan lapisan dasar bening dan berhenti merokok.

1. Perasan lemon

Merendam kuku di dalam perasan lemon akan menghilangkan noda kuning pada kuku. Rendam selama 10 hingga 15 menit setiap hari sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Peroxide dan baking soda

Campurkan satu sendok makan hydrogen peroxide dengan dua atau dua setengah sendok makan baking soda di dalam mangkuk kecil. Gunakan kapas untuk mengaplikasikan campuran tersebut ke kuku, biarkan selama tiga menit, lalu bilas.

Jenis perawatan ini harus diulang setiap enam sampai delapan minggu. Tidak memiliki baking soda? Gantikan dengan air.

Campurkan satu bagian hydrogen peroxide dengan tiga bagian ari untuk membersihkan kuku. Tempat campuran tersebut dalam sebuah mangkuk kecil dan rendam kuku selama 10 menit.

Pastikan untuk membilas kuku dengan baik dan gunakan krim tangan atau minyak kutikula. Sudah pernah coba cara ini?

3. Pasta gigi

Untuk menghilangkan noda pada kuku secara langsung, cobalah menggosokkan pasta gigi pada kuku menggunakan sikat. Namun ingat, ini bukan untuk noda jangka panjang.

4. Buffing ringan

Lapisan atas kuku adalah tempat noda berada. Dengan menggosoknya, tidak hanya memperhalus, namun juga menghilangkan lapisan atas agar noda ikut menghilang.

Cara ini tidak dianjurkan untuk dilakukan secara rutin karena dapat melemahkan kuku. Menghilangkan lapisan atas kuku dapat membuat kuku pecah dan mengelupas.

Ketika semua cara di atas tidak dapat mengatasi masalah kuku kuning, maka pergilah ke salon. Perawatan kuku yang dilakukan profesional biasanya dapat membantu lebih cepat dan efisien.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading