Sukses

Beauty

Membuat Sabun ala Rumahan dari Minyak Kelapa

Fimela.com, Jakarta DIY soap memang sudah lama menjadi tren. Namun, banyak bahan-bahan bakunya yang sulit untuk didapatkan. Namun, sabun herbal yang terbuat dari bahan alami tidak selamanya harus menggunakan bahan baku mahal. Dengan menggunakan minyak kelapa sebagai bahan bakunya, sahabat Fimela sudah bisa membuat sabun alami ala rumahan

Selain minyak kelapa, disalansir dari Natural Living Ideas, ada tiga bahan lain yang harus disiapkan. Antara lain air, lye, dan essential oil. Lye merupakan bahan baku sabun yang bisa diperoleh di berbagai toko. 

Lye sebenarnya bukan bahan alami. Lye ini merupakan NaOH yang biasa dipakai sebagai bahan dasar sabun. Jangan sembarangan saat menggunakan lye ini. Setiap kali membuat sabun, dilansir dari Mommy Potamus, kadar lye hanya dibutuhkan sebanyak 30 persen. 

 

 

 

Masukkan air suling ke dalam sebuah wadah kaca anti panas. Lalu masukkan sedikit demi sedikit lye. Larutkan lye dalam air. Proses ini sangat berbahaya bagi pernapasan. Karena itu, jangan lupa menggunakan sarung tangan karet, kacamata, dan juga masker. 

Lalu, diamkan selama 1 jam sampai larutan menjadi bening dan dingin. Setelah itu, masukkan minyak kelapa ke dalam tungku elektrik dan campurkan dengan lye yang sudah dingin tadi. 

Aduk menggunakan spatula kayu beberapa saat. Lalu, dengan stick blender, campurkan semua bahan hingga bahan mengental dan berwarna putih. Setelah itu masak selama 45 menit hingga 1 jam dengan panci tertutup rapat. 

Setelah matang, diamkan hingga sabun dingin. Kemudian tambahkan essential oil. Meskipun terlihat agak sulit membuatnya, namun sabun alami ala rumahan ini sebenarnya mudah dibuat. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading