Hindari 4 Makanan Ini Jika Tidak Ingin Berurusan dengan Jerawat

Annissa Wulan14 Nov 2018, 07:00 WIB
Ilustrasi kecantikan

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang tidak akan habis untuk dibahas. Jerawat disebabkan oleh sejumlah faktor berbeda, seperti hormon, stres, obat, dan makeup.

Namun, beberapa faktor penyebab jerawat ada yang bisa dihindari, salah satunya dengan diet. Mengubah pola makan dapat melembapkan, memperbaiki kulit, dan menghindari munculnya jerawat.

Jika tidak ingin berurusan dengan jerawat, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari, seperti dilansir dari newbeauty.com, Rabu (14/11/2018). Penasaran apa saja?

1. Garam

Terlalu banyak asupan natrium dapat mengeringkan kulit, yang kemudian menyebabkan pembengkakan. Hal ini membuat kulit lebih sulit disembuhkan dari jerawat.

2. Roti dan biji-bijian olahan

Biji-bijian olahan mengandung indeks glikemik yang tinggi, dapat meningkatkan gula darah, menyebabkan ledakan hormon insulin, yang pada akhirnya dapat memperbanyak munculnya jerawat. Untuk alternatif karbohidrat yang sehat, pilihlah beras merah, kaya akan vitamin B yang juga dikenal sebagai penangkal stres dan membantu mengatur hormon.

 

2 of 2

Susu skim dan alkohol

Ilustrasi kecantikan
Ilustrasi kecantikan. Sumber foto: unsplash.com/Marcelo Matarazzo.

3. Susu skim

Susu bebas lemak mengandung hormon yang dapat menyebabkan munculnya jerawat bagi beberapa orang. Sebagai gantinya, cobalah mengonsumsi susu almond yang mengandung 50% vitamin E dan antioksidan yang sangat bagus bagi kesehatan kulit.

4. Alkohol

Tidak dapat dipungkiri, alkohol jelas membuat kulit kering, menonjolkan kerutan, dan membuat kulit sulit disembuhkan. Ingin kondisi yang lebih buruk? Tambahkan jus cranberry manis atau pemanis lainnya ke dalam koktail.

Lanjutkan Membaca ↓