Sukses

Beauty

4 Kesalahan Yang Menggagalkan Diet

Mengatur asupan makanan sebenarnya sangat membantu suksesnya diet. Namun, sayangnya seringkali orang terburu-buru dan salah mempraktekkan tips diet sehingga berat badan tak kunjung turun, dan malah sakit yang diderita.

Ladies, perhatikan benar-benar apakah program diet yang Anda lakukan itu sudah sesuai dengan petunjuk. Seringkali keluhan yang datang pada Vemale tentang diet seperti "sudah diet tapi kok nggak turun-turun berat badannya", atau "padahal sudah nggak makan ini itu lho tapi masih gemuk saja."

Nah, memecahkan problem tersebut mari kita lihat lagi. Ternyata ada empat kesalahan yang sering membuat diet jadi gagal:

1. Tidak sarapan pagi

Sempat atau tidak sempat, bergantung pada niat dan cara Anda mengatur waktu. Bagaimanapun sarapan pagi tidak bisa disepelekan dan disisihkan begitu saja. Justru sarapan pagi menjadi salah satu kunci penting yang memegang peranan kesuksesan sebuah program diet.

Sarapan ini akan menjadi sumber energi bagi kita saat beraktivitas sepanjang hari. Sehingga sangat penting untuk memilih makanan apa saja yang harus dikonsumsi. Bila Anda ingin memaksimalkan energi dan tidak ingin diet Anda gagal, pilih menu-menu yang bisa bikin kenyang dalam waktu lama semisal protein dan low carb.

2. Tak bisa mengerem makanan berlemak

Tidak makan nasi sih, tapi menu berlemak tak pernah ketinggalan di dalam menu Anda. Nah, ini yang salah. Sebenarnya diet itu kan mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh secara seimbang. Makanan-makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dengan porsi yang sesuai dan tidak berlebihan.

Bila karbohidrat dipotong dan ternyata menu berlemak justru diperbanyak, maka Anda tidak akan menemukan titik penurunan berat badan.

3. Salad tidak selalu aman

Berpikir bahwa makan salad saja sudah aman. Hmm... think twice! Meskipun bahan dasar salad adalah sayuran atau buah-buahan, namun masih ada campuran seperti mayonaise, keju, susu kental manis atau roti kering yang menambah jumlah kalorinya.

Dan yang seringkali terjadi adalah, merasa bahwa salad aman sehingga mengonsumsi berlebihan. Tidak mengontrol berapa banyak kalori yang masuk. Alhasil, berat badan juga tak kunjung turun.

4. Membatasi asupan kalori

Kalori berlebihan itu tidak baik. Tetapi jika kekurangan juga tidak baik lho.

Tubuh membutuhkan kalori sebanyak 1.200-1.500 setiap harinya. Kalori tersebut digunakan sebagai energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Nah, jika asupan kalori ini dibatasi terlalu ketat, maka energi di dalam tubuh bisa berkurang. Tidak heran kalau tubuh terlalu mudah lelah dan malah jadi mudah sakit.

Kalau makanan sudah diatur dengan benar. Jangan lupa untuk berolahraga juga ya, Ladies. Bagaimanapun otot tubuh perlu dilatih agar tetap sehat.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading