Sukses

Beauty

Bahaya High Heels Dalam Keseharian

Banyak wanita mengaku menggunakan high heels agar terlihat modis dan gaya. Padahal, sebuah studi menunjukkan adanya bahaya yang disebabkan menggunakan high heels. Dikutip dari EzineArticles (14/8) sebuah studi di Australia menyebutkan adanya bahaya yang disebabkan menggunakan high heels.

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti asal Australia ini melibatkan dua kelompok perempuan yang menggunakan high heels dan tidak dalam kurun waktu 2 tahun. Hasilnya cukup mengejutkan, yakni pemakai high heels ditunjukkan adanya perbedaan otot pada bagian betis. Hal ini disebabkan otot betis berkontraksi dan menyesuaikan sudut dari high heels. Akibatnya, otot menjadi lebih pendek dan tegang. Hasil ini berbeda dengan wanita yang jarang menggunakan high heels.

Konsekuensinya, jika terjadi peregangan yang berlebihan pada bagian betis maka akan terjadi pemendekan otot pada betis. Seorang biomechanicts mengatakan bahwa wanita yang menggunakan high heels lebih memungkinkan terserang kejang otot. Selain itu, high heels juga akan membuat seorang wanita mudah cidera karena posisi sepatu yang tak seimbang.

Sebagai saran, dokter menghimbau agar meminimalisir penggunaan high heels dalam keseharian. Menggunakan hanya saat diperlukan sangat dianjurkan. Hal ini mengurangi risiko kejang otot yang disebabkan oleh menggunakan high heels.

Jadi, Ladies, waspada menggunakan high heels ya. Ingat, kesehatan lebih utama dibandingkan sekadar mode.

(vem/tik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading