Sukses

Beauty

Kok Rambutku Tumbuhnya Lama Ya?

Setiap orang diberkahi oleh gen yang berbeda satu sama lain. Umumnya, yang memiliki hubungan pertalian darah memiliki gen yang serupa.

Gen memberikan pengaruh pada berbagai hal di tubuh manusia, mulai warna kulit, warna mata, bentuk mata, bentuk hidung, hingga jenis dan warna rambut. Keunikan gen inilah yang dipelajari ilmuwan dari masa ke masa. Lantas, apa hubungannya gen dengan bahasan kita kali ini?

Apakah Anda sering merasa bahwa rambut Anda tumbuhnya lama?

Nah, untuk hal yang satu ini sebenarnya penyebabnya banyak. Tetapi, salah satu penyebab utama adalah gen Anda. Gen mempengaruhi tekstur dan warna rambut seseorang, dan ia juga mempengaruhi pertumbuhannya pula. Umumnya orang-orang berdarah Kaukasia dan Asia paling cepat pertumbuhannya dibandingkan orang berdarah Afrika. Tetapi, bagaimana apabila rambut Anda masih tidak cepat panjang?

Kalau begitu, ada pengaruh lain yang menyebabkan hal tersebut terjadi, seperti berikut ini:

Faktor usia

Semakin bertambahnya usia, semakin pelan pula pertumbuhan rambut Anda. Dibandingkan dengan saat remaja, pertumbuhan rambut memang jauh lebih lambat. Apalagi warnanya juga pudar, dan mulai muncul satu atau dua rambut yang berwarna putih keabuan.

Produksi minyak di kulit kepala juga akan semakin berkurang saat mendekati usia 45 tahun. Bahkan, rambut akan lebih mudah rontok dan tak lekas tumbuh rambut baru.

Faktor stres

Stres karena pekerjaan atau masalah yang sedang dihadapi, dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut. Bahkan, seringkali stres juga menyebabkan rambut rontok lebih banyak.

Obatnya tentu saja harus membuat diri lebih rileks dan nyaman. Selain memberikan perawatan dari luar dan lewat makanan, Anda juga harus bisa mengendalikan tingkat stres Anda.

Tidak cocok produk rambut

Mungkin memang Anda tidak cocok dengan produk perawatan rambut yang Anda pakai. Sudahkah Anda mencari produk rambut yang memang sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut Anda?

Cari pula produk perawatan yang menawarkan nutrisi kesuburan rambut ya.

Pemakaian produk penata rambut

Seringkali mengaplikasikan panas pada rambut dengan menggunakan produk penata rambut juga membuat rambut lambat pertumbuhannya. Apalagi jika Anda membiarkan rambut Anda tanpa tambahan nutrisi dari vitamin dan serum. Rambut akan kering serta kekurangan nutrisi untuk tumbuh.

Aplikasikan masker, serum dan vitamin yang dapat merawat rambut dari luar. Menjaga kelembaban, kilau, serta agar pertumbuhannya sempurna.

Diet yang salah

Apabila asupan nutrisi yang dimakan tidak cukup, maka akan muncul banyak hal yang mengindikasikannya. Salah satunya adalah saat pertumbuhan rambut Anda lambat, hal ini menunjukkan Anda kekurangan kalsium, vitamin E, ferritin, zinc, serta vitamin B12.

Untuk itu, sekalipun Anda menjalankan program diet, pastikan Anda memilih asupan makanan yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Cukupi kebutuhan nutrisi tersebut, dan pilih makanan berkualitas sehingga antara diet dan perawatan tubuh Anda tetap memberikan hasil memuaskan. [initial]

BACA JUGA:

Rambut Juga Perlu Makanan Sehat

Urang Aring, Rahasia Rambut Subur dan Legam Ala Wanita Jaman Dulu

Cara Mengatasi Gatal di Kulit Kepala

Perawatan Khusus Untuk Rambut Kering

5 Aturan Keramas Untuk Mencegah Kerusakan Rambut

Tips Mencegah Rambut Cepat Lepek

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading