Sukses

Beauty

Gara-Gara 5 Hal Ini Tubuh Gampang Capek

Sekalipun merasa cukup makan, istirahat dan tidur, sering rasanya Anda merasa tubuh gampang lelah. Padahal kalau diperiksakan ke dokter, hasilnya ya baik-baik saja. Lantas apa yang salah dari tubuh Anda ya?

Tak perlu terlalu cemas apabila Anda memang dokter mengatakan kesehatan Anda normal saja. Tubuh yang gampang lelah tak selamanya disebabkan oleh penyakit, tetapi oleh hal-hal sepele seperti berikut ini:

Kebanyakan minum-minuman berkafein

Kafein memang membuat Anda jadi melek dan betah berkerja lama, tetapi di sisi lain, kafein juga dapat membuat tubuh gampang lelah lho. Inilah juga sebabnya Anda jadi kecanduan kopi, karena Anda merasa energi akan kembali setelah minum kopi.

Tetapi, perlu diketahui juga semakin banyak minum kopi, semakin Anda mudah lelah.

Terlalu sering membungkuk

Posisi membungkuk lama saat sedang konsentrasi pada sebuah pekerjaan akan membuat tubuh jadi kaku dan otot-otot jadi tegang. Tak heran lho kalau Anda merasa terlalu lelah. Untuk itu, Anda yang biasa bekerja di depan komputer serta duduk lama, setiap beberapa menit regangkan tubuh Anda agar otot tubuh tidak kaku.

Tarikan nafas yang pendek-pendek

Para atlet diajarkan untuk bernafas panjang untuk membiarkan oksigen mengisi seluruh ruang di otak dan di tubuh lebih maksimal. Sedangkan saat bernafas pendek, maka Anda akan merasa tubuh jadi berat, lelah, dan tubuh belum mendapat asupan oksigen yang cukup.

Cara bernafas yang benar sebaiknya pada hitungan 1-4 menarik nafas, kemudian hitungan ke 5-8 menghembuskan nafas. Dengan melatih nafas panjang-panjang, tak hanya tubuh yang mendapatkan manfaatnya, tetapi kulit juga semakin bersih karena cukup mendapat asupan oksigen.

Mengabaikan sarapan pagi

Alasannya selalu saja kenyang, tidak sempat, tak ada gunanya, tidak selera, atau sedang menjalani program diet. Tetapi memang soal sarapan pagi ini selalu diperdebatkan hingga sekarang.

Banyak yang berpendapat bahwa sarapan pagi itu penting untuk meningkatkan konsentrasi, mencukupi kebutuhan gizi, menyediakan energi untuk beraktivitas seharian, serta membuat tubuh lebih energik.

Menahan marah

Ketika emosi tidak bisa terlampiaskan dengan baik, biasanya ada rasa tegang pada bahu dan leher. Tubuh juga terasa berat dan tidak nyaman, inilah mengapa Anda merasa sangat lelah.

Jauh lebih enteng rasanya kalau Anda bisa meluapkan emosi lewat kata-kata atau air mata bukan?

Coba deh ubah beberapa kebiasaan di atas yang biasa Anda lakukan, Anda akan merasakan perbedaan pada tubuh Anda. Anda juga tidak akan merasakan lelah yang berlebihan walaupun sudah cukup beristirahat.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading