Sukses

Beauty

Melamun Itu Bahaya Atau Ada Manfaatnya?

Kadang, tanpa sadar kita melamun. Keadaan ini bisa disengaja, bisa tidak. Biasanya melamun terjadi karena kita sedang bosan dan tidak ada kerjaan. Bagi beberapa orang, melamun bisa mendatangkan ide dan membuat pikiran fresh. Tapi ada juga melamun yang sangat tidak produktif dan merugikan.

Inilah beberapa manfaat melamun.

Bisa Memecahkan Masalah

Dilansir oleh besthealthmag.ca, melamun ternyata bisa membuat Anda lebih mudah memecahkan masalah. Sebuah penelitian dari University of British Columbia menemukan bahwa area orak adalah wilayah yang cukup kompleks. Sehingga saat Anda memikirkan bagaimana memecahkan masalah, justru kepala makin pusing. Tapi saat melamun, justru sering muncul ide jitu memecahkan sebuah masalah. Melamun juga bisa meningkatkan kreativitas.

Meningkatkan Ingatan

Walau sering dianggap kegiatan tidak berguna dan diasumsikan sebagai orang malas, kegiatan melamun dapat membuat otak lebih tajam. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering melamun akan melatih ingatan jangka panjang. Anda akan mengenang kembali kejadian beberapa tahun lalu, membuka ingatan tentang orang-orang ketika sekolah dan sebagainya. Ini akan melatih otak meningkatkan ingatan jangka panjang.

Sedangkan bahayanya adalah..

Membuat Seseorang Jadi Malas

Ada banyak orang menjadikan melamun sebagai kegiatan tidak berguna. Seringnya, melamunkan hal-hal menyedihkan dan berandai-andai tanpa hasil. Lebih parahnya lagi, kadang melamun berisi pikiran-pikiran kotor yang seharusnya tidak dipikirkan terlalu dalam. Jika sudah begini, melamun hanya jadi kegiatan yang sia-sia dan tidak berguna.

Buang-Buang Waktu

Pada akhirnya, banyak sekali lamunan-lamunan yang hanya buang waktu tanpa hasil. Jika tidak ada kegiatan, melamun, padahal ada banyak hal yang bisa dikerjakan selain melamun. Melamun boleh saja, untuk membuka kenangan lama, bernostalgia atau menentramkan pikiran. Namun jika terlalu sering, itu tidak baik.

Semoga artikel ini bisa membuat Anda melamunkan hal baik-baik, ladies.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading